Selasa , November 20 2018
Tips Liburan Murah Sekaligus Mengesankan

Tips Liburan Murah Sekaligus Mengesankan

Tips Liburan Murah Sekaligus Mengesankan  Setiap orang tentu menginginkan liburan yang menyenangkan dan mengesankan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki dana berlebih untuk mendapatkan segala kenyamanan berlibur dengan fasilitas yang eksklusif. Namun tenang saja, liburan mengesankan tidak selalu bisa didapat dengan membayar mahal. Ada beberapa cara mudah agar liburan Anda tetap murah sekaligus mengesankan.

1. Tentukan Tanggal Keberangkatan

Menentukan tanggal keberangkatan merupakan salah satu kunci sukses liburan. Mengapa? Alasannya, Anda dapat berburu berbagai promo tiket dan penginapan yang dapat membuat bujet liburan semakin hemat.

Tanggal – pixabay.com

Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa promo tiket dan penginapan lebih sering hadir pada saat weekdays, bukan high season apalagi peak season. Tentu peluang Anda mendapatkan tiket dan penginapan murah lebih besar jika memilih tanggal keberangkatan saat weekdays.

2. Mencari Voucher Hotel

Jika Anda ingin mendapatkan hotel atau penginapan eksklusif dengan harga yang kompetitif, Anda bisa membelinya melalui situs booking online seperti Traveloka.com. Harga yang ditawarkan sering kali lebih murah dibanding jika melakukan reservasi langsung ke pihak hotelnya.

Voucher – pixabay.com

Selain itu, sering kali terdapat voucher diskon yang membuat biaya sewa hotel Anda menjadi lebih murah. Tentu menyenangkan, dengan harga yang tidak terlau mahal, Anda bisa mendapatkan kamar hotel dengan kelas yang lebih tinggi.

3. Berburu Promo Tiket

Jika Anda memilih destinasi yang bisa dijangkau dengan kereta api, sebaiknya Anda pesan tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak kehabisan tiket, mengingat jumlah peminat transportasi tersebut semakin hari semakin meningkat.

Jika Anda ingin segera mendapatkan tiket, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke loket kereta api, jangan khawatir, ada acara yang lebih praktis. Berbekal koneksi internet, Anda bisa pesan tiket kereta api di Traveloka ataupun di situs layanan serupa.

Tiket – pixabay.com

Jika Anda ingin berlibur ke kawasan wisata yang cukup jauh dan menggunakan  pesawat, Anda juga harus memesan tiketnya jauh-jauh hari. Sering-seringlah melihat surat kabar atau situs booking online yang sering kali memberikan promo kejutan, sehingga harga tiket pesawat yang Anda beli bisa sangat murah.

4.  Siapkan Itineray

Itinerary seumpama peta yang akan memandu setiap langkah Anda selama berada di kota tujuan. Anda bisa membuat daftar tempat wisata mana saja yang ingin dikunjungi dalam beberapa hari, serta tempat-tempat wisata yang  sejalur untuk didatangi.

Itinerary – pixabay.com

Pun Anda dapat memperkirakan estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan selama liburan. Melalui itinerary, Anda juga bisa menghitung biaya apa saja yang memungkinkan untuk “dirampingkan” agar liburan lebih hemat. Misalnya, Anda ingin “mengakali” biaya makan saat berada di kereta api; alih-alih membeli makanan di restorasi yang tentu lebih mahal, lebih baik membeli nasi bungkus atau camilan di sekitar stasiun saja.

5. Pilih Destinasi Wisata yang Tidak Biasa

Salah satu cara membuat liburan yang berkesan yaitu dengan mencoba mengunjungi destinasi wisata yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Pilih destinasi wisata yang tidak banyak dikunjungi banyak wisatawan saat liburan, tetapi memiliki eksotisme yang terpendam

Salah satu cara membuat liburan yang berkesan yaitu dengan mencoba mengunjungi destinasi wisata yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Pilih destinasi wisata yang tidak banyak dikunjungi banyak wisatawan saat liburan, tetapi memiliki eksotisme yang terpendam

6. Jangan Lupa Mencoba Wisata Kuliner

Salah satu hal yang bisa menjadikan sebuah liburan berkesan adalah wisata kulinernya. Oleh karena itu, siapkan bujet untuk menjajal aneka makanan khas yang menggugah selera

Anda tidak perlu memilih restoran mewah untuk mencicipi makanan khas nan lezat. Tak jarang, warung kecil atau warung tenda yang melegenda juga menyediakan aneka kuliner khas dengan harga yang sangat ramah di kantong.

Wisata Kuliner – pixabay.com

Jika Anda belum pernah berkunjung ke tempat makan tersebut, pastikan Anda menanyakan harganya terlebih dulu. Hal ini untuk mengurangi risiko Anda dikerjai para penjual nakal yang menaikkan harga setinggi langit ketika Anda selesai makan. Kejadian ini sering terjadi di warung kecil yang tidak ada buku menunya. Jangan sampai niat hati berhemat malah melarat.

7. Bawa Kamera yang Bagus

Liburan yang berkesan akan semakin terkenang jika diabadikan dalam bingkai foto. Jangan lupa membawa kamera yang bagus untuk mengabadikan momen liburan Anda.

CAMERA – pixabay.com

Jika Anda tidak memiliki kamera DSLR, Anda bisa menyiasatinya menggunakan kamera smartphone yang mumpuni, dan kamera wide angle yang membuat tampilan foto lebih menarik.

8. Jangan lupa Share it ke Media Sosialmu

Jangan lupa membagikan foto liburan Anda ke media sosial. Selain dapat memberikan inspirasi bagi teman-teman Anda, Anda juga bisa sekalian menyimpan foto-foto menarik tanpa harus menghabiskan ruang penyimpanan di dalam ponsel atau laptop.

Media Sosial – pixabay.com

Salah satu media sosial yang paling hits untuk membagikan foto liburan adalah Instagram. Jika Anda ingin berbagi cerita yang lebih detail mengenai perjalanan liburan Anda, Anda bisa menceritakannya melalui blog. Saat ini, banyak lo, blogger sukses yang mendapatkan banyak uang dari kisah liburan mereka. Tertarik untuk mencobanya juga? Siapkan diri Anda.

Sumber Foto :

  1. pixabay.com
  2. travel.tribunnews.com
  3. Kepoan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!