Selasa , September 24 2019
Pepatah rahasia filosofi misteri umur 40 tahun dalam islam

Pepatah Rahasia Filosofi Misteri Umur 40 Tahun Dalam Islam

Pepatah rahasia filosofi misteri umur 40 tahun dalam islam – Setiap mahluk yang bernyawa pasti akan binasa jika waktunya sudah tiba, termasuk dari kita umat manusia yang semakin hari usia kita semakin berkurang. Mungkin kita sudah sering mendengar pepatas bersiaplah jika kita sudah mendekati usia 40 tahun…!!!

Lalu apa yang harus dilakukan seseorang ketika memasuki usia 40 tahun ? dan pertanyaan selanjut nya apakah ada lafal hadits tentang umur 40 tahun dalam islam atau apakah terdapat hadits shahih tentang usia 40 tahun ?

Dalam bahasan kali ini insya allah akan dibahas tuntas sebagai pengingat untuk admin pribadi dan selebih nya saling mengingatkan apa rahasia dibalik umur 40 tahun menurut islam, makna dan bukti misteri umur 40 tahun.

pepatah & peringatan umur 40 tahun

Ada pepatah sekaligus periungatan dari Rasullullah s.a.w berpesan pada orang lelaki & perempuan yang berusia 40 tahun atau hampir dengan usia ini secukupnya harus persiapkan diri dengan kematian dalam hidup kamu, Jika kamu tidak dapat urusan duniawi. di usia 40 tahun jangan kamu kejar lagi dunia ini. Nanti kamu tidak akan terkejar dengan akhirat

Sesiapa yang dalam usia ini tiba-tiba masih tidak berubah juga dalam kehidupan dia dan tidak menjadikan diri dia makin Soleh & taat pada perintah Allah swt, Dibimbangi dia nya tidak akan diberi lagi hidayah oleh Allah Swt.

Umur 35 tahun sampai 40 tahun ialah umur dimana kebanyakan kita mula diuji. ujian di usia 40 tahun boleh datang dari ibu bapak (jatuh sakit, kematian), atau dari pasangan hidup (perceraian, jatuh sakit, pertengkaran) atau dari anak-anak yang meningkat remaja.

Memang bermula 35 tahun – 40 tahun, Allah akan memanggil kita pulang bertaubat kepada nya. Panggilan dari Allah selalu berbentuk ujian. Karena hanya dengan itu kita akan kembali bersimpuh dan bersujud mengadu dan memohon pertolongan nya.

Orang yang bijak akan memperbaiki diri dan amalannya, memperbaiki hubungan dengan ahli keluarga dan pasangannya, berhemat menyimpan untuk hari tuanya. Semua dengan niat mau berkumpul bersama di syurga nanti.

Orang yang kurang bijak tetap terlena dan langsung tak membuka hati terhadap panggilan Allah malah tetap terlena dengan kemewahan dunia, berkumpul dengan rekan² dan kurang memberi perhatian kepada suami/isteri/anak-anak

Usia 35 – 40 ini menjadi lebih menarik apabila al-Quran di dalam surah al-Ahqaaf ayat 15 ada menyebut tentang itu. Allah berfirman yang arti dalam surat ini adalah

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a:

Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri

Pada QS. Al Ahqaaf : 15 tersebut di atas, Allah Ta’ala menyebutkan dengan jelas mengenai usia manusia pada saat  memasuki umur 40 tahun. Pastilah bukan hal yang main-main. Ada keistimewaan tersendiri dengan usia 40 tahun. Menurut para mufassir (orang yang mengartikan ayat), usia 40 tahun merupakan usia dimana manusia mencapai puncak dalam kehidupannya.

Semua di jawab dalam islam Mulai dari filosofi & misteri umur 40 tahun

Dalam islam semua sudah dituntun diberi arahan bagaimana dalam menjalani kehidupan yang baik dan benar termasuk umat nya ketika memasuki usia 40 tahun menjabarkan secara rinci dan memberi kesimpulan bahwa umur 40 tahun adalah Puncak kehidupan maksud nya antara lain dari segi fisik, emosional, intelektual, spiritual hingga karya. Usia 40 tahun adalah usia kedewasaan penuh. Bisa dikatakan pada usia ini, manusia benar-benar meninggalkan masa mudanya.

Orang-orang yang berada di usia 40 tahun biasanya memiliki sifat yang lebih stabil, kematangan berfikir, kokoh serta mapan. Usia 40 tahun seringkali menjadi acuan untuk langkah di usia-usia selanjutnya.

Kata bijak usia 40 tahun

Kita perlu hati hati umur 40 tahun namun tidak sedikit golongan yang sudah berumur 50 tahun, 60 tahun, bahkan usia 70 tahun, masih memikirkan mobil mewahnya, harta-harta nya, anak-anak dan cucu-cucu nya. Ada yang masih merasakan diri muda belia.

Melayani nafsu yang marak menyala padahal kerut dan uban dah tumbuh merata. Sibuk mencari cinta diluar, sedangkan rumahtangga yang halal dibiarkan berantakan.Ada yang merasa masih sehat, walaupun sahabat-sahabat nya, saudara nya banyak yang sudah meninggal, kadangkala tanpa disangka.

Alangkah baiknya jika apabila sudah berumur, masa diisi untuk mendengar kajian Agama, ibadah di masjid, ibadah umrah atau melaksanakan ibadah haji paling kita bisa memanfaatkan amalan ringan sebagai tambahan bekal. Apalagi orang shalih, pahalanya tetap ada walau pun sudah sulit beramal di usia tua.

Seperti yang tetuang dalam hadits shahih tentang usia , Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw bersabda

أَعْمَارُ أُمَّتِـي مَا بَيْنَ السِّتِّيْنَ إِلَى السَّبْعِيْنَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

Umur umatku antara 60 hingga 70 dan sedikit dari mereka yang melebihi itu. (Hadist riwayat. Tirmidzi, no. 3550; Ibnu Majah, no. 4236. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Seperti pertanyaan di awal kalimat apa yang harus dilakukan seseorang ketika memasuki usia 40 tahun ? kata bijak usia 40 tahun jika sudah memasuki usia ini kehidupan anda jauh dari kebaikan-kebaikan seperti yang disebutkan pada QS. Al Ahqaaf : 15 di atas, silakan koreksi diri, bermuhasabah. Setelah ketemu kesalahannya, segera bertaubat kepada Allah Ta’ala.

Wallahu a’lam. Artikel ini di ambil dari berbagai sumber. Semoga infomasi ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!