Selasa , November 20 2018
Pengertian Manfaat Keutamaan Bertasbih Setiap Saat Kepada Allah

Pengertian Manfaat Keutamaan Bertasbih Setiap Saat Kepada Allah

Pengertian manfaat keutamaan bertasbih setiap saat kepada allah – Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Sa’d bin Abi Waqash bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada para sahabat dalam suatu majelis, “Adakah di antara kalian yang mampu mengerjakan 1.000 kebaikan dalam sehari? Tidak ada sahabat yang menjawab. Semua merasa tidak sanggup melakukan amalan sebanyak itu dalam sehari.

Seorang sahabat lalu memberanikan diri bertanya balik kepada Nabi muhammad Saw. Bagaimana (bisa) seseorang di antara kami mengerjakan seribu kebaikan dalam sehari, wahai Rasulullah? Nabi muhammad Saw lalu bersabda, Jika seseorang bertasbih 100 kali dalam sehari, maka akan dicatat baginya 1.000 kebaikan atau dihapuskan darinya 1.000 kesalahan” (HR Muslim).

Tasbih menurut definisi para alim ulama adalah memurnikan Allah dari segala sifat buruk dan kekurangan, dengan mengatakan subhanallah, yang artinya dalam bahasa indonesia Mahasuci Allah.

Tasbih termasuk amalan yang sangat mudah, tapi sarat pahala. Sebagai bagian dari zikir, tasbih bisa dilakukan kapan pun dan di manapun; tidak mesti di masjid dan tidak harus dalam keadaan suci. Tasbih bisa dilafalkan dalam perjalanan pergi atau pulang kerja, di kantor, rumah, pasar, tempat olahraga, dan lain sebagainya.

Pengertian bertasbih

Tasbih adalah amalan para nabi dan orang-orang beriman. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diingatkan dengan ayat-ayat, Kami mereka menyungkur sujud dan bertasbih dengan memuji pencipta mereka, sedangkan mereka tidak menyombongkan diri (QS as- Sajadah [32]: 15).

Bahkan, seluruh alam semesta, yang di langit, bumi, dan di antara keduanya, sejatinya mereka semua bertasbih kepada Allah tanpa henti. Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Hanya kepunyaan Allahlah semua kerajaan dan pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu (QS at-Taghabun [64]: 1)

Keutamaan dan Manfaat bertasbih

Selain sarat dengan kebaikan pahala ketenangan dan manfaat, tasbih juga memiliki banyak keutamaan lainnya. yang sudah dibuktikan oleh banyak orang yang sudah tidak meragukan anjuran dari baginda Nabi Muhammad Saw.

1.Tasbih adalah ucapan yang paling dicintai oleh Allah Swt. Dari sahabat Abu Dzar pernah meminta Nabi muhammad Saw agar diajarkan suatu perkataan yang paling dicintai oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda: “Perkataan yang paling dicintai oleh Allah adalah Subhaanallaah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dengan segala puji bagi Nya) (Hadist Riwayat Muslim).

2. Bertasbih adalah amalan ringan yang berat nilai timbangannya di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda: 2 kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh Allah yang Maha Pengasih, yaitu doa bacaan bertasbih kepada allah setiap saat Subhaanallah Wa Bihamdihi Subhaanallaahil Adzim (Hadist Riwayat Bukhari & Muslim).

3. Seorang muslim yang setiap pagi dan petang dan baiknya setiap saat bertasbih ditanamkan baginya kurma di surga. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mengucapkan Subhanallah Wabihamdihi, maka baginya disiapkan tanaman pohon kurma di surga Nya Allah (HR Ibnu Hibban).

4. Dengan bertasbih bisa menyelamatkan dari keburukan. Inilah yang dialami oleh Nabi Yunus Alaihi salam seperti diceritakan dalam kita suci Alquran. Nabi Yunus yang ditelan ikan besar diselamatkan oleh Allah berkat tasbih yang beliau ucapkan. Maka sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang bertasbih, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kiamat (QS ash-Shaffat [37]: 143-144)

Itulah ulasan doa bacaan dan pengertian manfaat keutamaan bertasbih setiap saat kepada allah. Semoga kita sebagai umat muslim bisa mengingat allah dalam keadaan apapun

Sumber : Khazanah Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!