Jumat , Desember 14 2018
Obat Pembasmi Dan Alat Pengusir Suara Yang Ditakuti Burung Emprit Di Sawah

Obat Pembasmi Dan Alat Pengusir Suara Yang Ditakuti Burung Emprit Di Sawah

Obat Pembasmi Dan Alat Suara Pengusir Suara Yang ditakuti Burung Emprit Di Sawah –  Saya sudah tidak asing lagi dengan nama dan ciri ciri burung kecil ini karena bapak ibu saya secara turun temurun dari kakek nenek sampai dengan saat ini adalah petani padi

Menarik memang dulu saat masih usia anak sekolah dasar selalu bergantian patroli ke sawah milik keluarga untuk mengusir burung emprit di sawah, cara yang keluarga kami lakukan untuk pengendalian serangan gerombolan burung pipit mungkin sama dengan petani padi di daerah lain seperti membuat :

  • Patung atau orang-orangan  di kasih baju lengkap dengan caping nya ( dalam bahasa sunda asal daerah kami Bebegig )
  • Ketapel
  • Kaleng bekas yang dirancang sedemikian rupa dan cara penggunaannya di tarik-tarik pake benang supaya menimbulkan suara gaduh
  • Pita Kaset bekas yang di bentangkan senhingga menimbulkan suara jika tertiup angin
  • Kentongan dari bambu ( sama persis seperti yang digunakan di pos ronda )
  • Tepuk tangan sambil teriak-teriak

Cara mengusir dan pengendalian Burung emprit ( pipit ) di sawah yang saya tuliskan diatas kurang begitu efektip , Seperti misalnya orang-orangan ( Bebegig ) yang kami buat lama kelamaan malah jadi tempat nongkrong gerombolan burung pipit CAPEDEH…!!

Belum lagi kentongan ketapel tepuk tangan dan teriakan hanya membuat mereka pergi sementara dan tak lama kawanan burung kecil ini kembali lagi untuk memakan buah padi di sawah kami ( mungkin burung emprit ini tahu strategi yang kami buat TIDAK membahayakan keselamatan jiwa mereka hehehe )

Lalu Apa Solusi nya untuk membuat Obat racun alat  pengusir dan suara yang di takuti burung pipit ( emprit ) ini yang lebih efektip ? Baca Juga : Jangan Dibunuh ini cara ampuh mengusir Tikus di rumah Dan Sawah

Terus terang saya mencari cara mengusir burung pipit memakan padi untuk di terapkan di sawah orang tua saya nanti. Karena gerombolan burung emprit ini cukup menjengkelkan dan menguras banyak tenaga ( Wajib patroli bergantian dari pagi sampai menjelang sore )

Dibawah ini adalah alat pengusir suara yang ditakuti dan Buah obat racun pembasmi Burung pipit ( emprit ) yang katanya cukup efektip dan akan kami Coba praktekan.

1. Alat pengusir burung emprit yang pertama adalah  dengan Membuat kincir angin dilengkapi kaleng sebagai sumber bunyi ( Jadin tiupan angin yang berperan ) tidak perlu kita yang menggoyangkan terus menerus untuk mengasilkan suara yang ditakuti burung pipit

2. Alat pengusir burung emprit yang kedua adalah dengan Menggunakan plastik mengkilap berukuran panjang yang dipasang di sawah. Plastik ini dimaksudkan untuk memantulkan sinar matahari yang akan membuat silau mata burung pipit sehingga mereka tidak mendekati padi

3. Manfaatkan kepingan CD atau DVD bekas. Cara membuatnya tancapkan kayu dengan diameter sekitar 5 cm dengan tinggi sekitar 15 cm di atas pucuk tanaman padi. Di atas tiang tersebut dipasang kepingan CD bekas, dengan bagian yang bisa memantulkan cahaya menghadap matahari.  Mata Burung pipit akan silau ketika mendekati lahan sawah.

4. Alat pengusir yang ke empat dengan membuat layangan bentuk lah menyerupai burung elang bahannya bisa di buat dari plastik bekas yang warnanya hitam, Cara ini terbukti efektif mengusir kawanan burung pipit. Baca juga Efektip Cara mengusir Semut Agar Tidak Datang lagi

5. Membuat jaring seperti gambar di bawah ini ( Mirip dengan jaring nelayan penangkap ikan ) yang di bentangkan sesuai dengan luas sawah yang Cara ini sangat efektip melindungi padi yang sudah menguning dan siap panen. Kasih jarak posisi jaring harus lebih tinggi dari Tanaman padi.

Buah serut dan Buah Jengkol untuk Pengendalian Burung Pipit

Selain mengunakan alat yang saya tuliskan diatas cara lain untuk Pengendalian secara biologis dapat menggunakan bahan tanaman atau buah-buahan yang difermentasi kemudian di semprotkan pada tanaman padi milik kita.

1. Memanfaatkan rendaman buah jengkol. Cara membuatnya Jengkol diredam beberapa hari, lalu air rendaman tersebut dimasukkan ke dalam botol dan diletakan di beberapa sudut sawah. Aroma Bau menyengat jengkol akan mengusir burung pipit dari sawah.

2. Cara kedua dengan Buah serut kemdian dicuci bersih, ditumbuk sampai halus, dan direndam 24 jam, dengan perbandingan ramuan 3 kilogram buah serut dan 10 liter air.

Lalu Buah serut ini disaring dengan kain kasa. Obat ramuan ini kemudian disemprotkan pada tanaman padi 2 x dalam 1 minggu. Atau bisa juga Bisa juga dengan menyemprotkan larutan umbi gadung dan brotowali.

Obat Racun Pembasmi Burung Pipit

Mungkin Banyak petani padi ingin menggunakan cara yang lebih praktis dan menggunakan pengendalian secara kimiaw dengan menggunakan pestisida.

Menggunakan insektisida dengan berbahan aktif dimehypo. Penggunaan dengan insektisida ini, efek yang ditimbulkan jika burung tersebut makan padi, bisa dipastikan burung tersebut mati. Mengunakan obat atau racun ini JANGAN digunakan karena buah padi anda tetap di makan ( Dan Kasihan juga Burungnya )

One comment

  1. Contoh Cerpen dan Puisi

    Wah, mantep-mantep infonya kang.. Salam kenal aja ya dari saya pecinta literatur bermutu, hehhe..

    Kunjungan baliknya ditunggu Kang..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!