Sabtu , Oktober 20 2018
Manfaat Keutamaan & Kisah Nyata Keajaiban Sholat Tepat Waktu

Manfaat Keutamaan & Kisah Nyata Keajaiban Sholat Tepat Waktu

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh – Pada Kesempatan kali ini saya akan berbagi Manfaat keutamaan & kisah nyata keajaiban dholat tepat waktu, semoga dengan tulisan sederhana ini menjadi ladang amal kebaikan,

Sudah sama sama kita ketahui bahwa shalat adalah ibadah yang wajib. Pentingnya shalat yang di perintahkan oleh allah Swt membuat ibadah ini harus dilakukan dalam keadaan apapun oleh seorang muslim.

Bahkan oleh seorang muslim dalam keadaan sakit sekalipun selama masih mampu mengerjakan shalat, harus tetap shalat dengan cara yang telah ditentukan sesuai yang telah di anjurkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw.

Namun masih banyak di antara kita semua yang sering kali menunda-nunda shalat walau adzan sudah terdengar berkumandang. Karena pada kenyataan untul melaksanakan shalat di awal waktu memang bukan hal yang mudah di tengah kesibukan kegiatan sehari-hari.

Dengan berbagai setan selalu berbisik supaya kita lalai dan malas dengan perintah melaksanakan kewajiban Shalat ini. Padahal shalat tepat waktu memiliki keutamaan yang sangat besar dan merupakan amalan yang paling afdol seperti yang tertuang dalam sebuah hadist tentang shalat tepat waktu, dibawah ini :

  • Abdullah Ibnu Mas’ud RA berkata, Aku bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdhal?
  • Rasulullah menjawab, Shalat tepat pada waktunya.
  • Kemudian aku bertanya lagi, Lalu apa lagi?
  • Rasulullah menjawab, Berbakti kepada kedua orang tua.
  • Aku bertanya lagi, “Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?
  • Rasulullah menjawab, Berjihad di jalan Allah. (Hadist Riwayat Bukhari )

Dari hadist tentang sholat tepat waktu tersebut diatas kita dapat menyimpulkan betapa pentingnya shalat di awal waktu dan berjamaah tentu saja hal tersebut sangat disukai Allah Swt.

Adapun keutamaan & keistimewaan sholat tepat waktu di antaranta adalah : 

  1.  Dicintai Allah Swt
  2.  Badan selalu sehat
  3. Dijaga oleh malaikat
  4. Diturunkan berkah untuk rumahnya
  5. Wajahnya akan menunjukkan tanda-tanda orang yang shaleh
  6. Tidak keras hati malah menjadikan berhati lembut
  7. Melalui jembatan Shiratal Mustaqim seperti kilat
  8. Diselamatkan dari siksa api neraka
  9. Ditempatkan ke dalam golongan orang-orang tidak takut dan bersedih

Keutamaan rahasia sholat tepat waktu tersebut disampaikan oleh Khalifah Usman bin Affan Selain memiliki ke istimewaan dan kebiasaan baik ini akan memberikan manfaat shalat tepat waktu bagi kesehatan diantaranya :

1. Disiplin karena dengan membiasakan diri untuk selalu shalat tepat waktu, maka akan menumbuhkan sikap disiplin dalam diri seorang muslim. Sikap disiplin ini lama-lama akan menyebar kepada kegiatan lainnya, tidak hanya shalat.

Bagaimana seseorang bisa disiplin dalam kegiatan yang lebih berat misalnya susah bangun pagi jadi bisa bangun tidur lebih pagi untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah dan ini baik untuk kesehatan.

2. Memprioritaskan Allah Dengan kebiasaan menunda-nunda waktu shalat karena alasan duniawi, berarti orang tersebut  menomorduakan Allah Swt.

Dengan selalu melakukan shalat tepat waktu, maka Allah akan menjadi prioritas utama dalam kehidupan kita. Bagaimana mungkin doa didengar oleh Allah jika kita saja tidak menomor satukan allah Swt.

3. Pandai mengatur waktu. Memang banyak halangan untuk melaksanakan shalat secara tepat waktu, misalnya masih di jalan atau dikalahkan oleh rasa lapar. Bila sudah tahu penyebabnya, kita harus dapat memanage waktu dan kegiatan sehari-hari agar tetap berusaha sholat tepat waktu

4. Menggugurkan dosa dosa – Manusia mana yang tidak berdosa? Setiap manusia pasti memiliki dosa, namun dosa-dosa tersebut dapat berguguran dengan kita selalu shalat tepat waktu. Seperti dalam sabda Rasulullah :

Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya (Hadist Riwayat : Ahmad).

Lalu bagaimana Supaya tidak berat untuk melaksanakan shalat tepat waktu?

1. Niat adalah langkah awal untuk menetapkan hati supaya dapat shalat di awal waktu. Dengan tekad yang kuat, maka insya Allah apapun yang menghalangi kita untuk shalat tepat waktu tidak akan membuat kita menyerah.

2. Manfaatkan alarm Jika orang sudah mengetahui rahasia sholat tepat waktu, pasti tidak awak melewatkannya salah satunya bisa memanfaatkan fitur alarm dalam HP maupun jam dan membuat jadwal alarm shalat. Buat alarm setiap kali waktu shalat telah tiba. Cara ini akan sangat membantu mengingatkan.

3. Apapun bisa meminta kepada allah dan jangan lupa berdoalah kepada-nya agar terlindung dari kemalasan dan rintangan yang bisa menghalangi kebiasaan sholat tepat waktu.

4. Zikir sifat malas identik dengan godaan setan. Oleh sebab itu perbanyaklah mengingat allah dengan dzikir untuk mendekatkan diri  kepada Allah SWT.

5. Jadwal shalat. Masukkan shalat sebagai jadwal dalam kegiatan kita sehingga mau tidak mau kita harus menepatinya.

6. Mengingat hari akhir ( Kiamat ) Dengan selalu mengingat hari akhir, maka kita akan lebih terdorong dan tergerak untuk senantiasa melakukan shalat dengan tepat waktu.

7. Bergaulah dengan orang yang selalu menjaga shalat. Dengan berada di lingkungan orang yang menjaga shalat, dengan sendirinya kita pun akan terbiasa untuk menjaga shalat.

8. Selalau Bersuci dengan Menjaga wudhu. Terkadang kita malas melaksanakan shalat karena malas berwudhu ( Bersuci ) dengan selalu menjaga wudhu maka kita akan lebih merasa ringan untuk melaksanakan shalat dengan segera.

Kisah Nyata Keajaiban Sholat Tepat Waktu

Dari tulisan diatas menjelaskan bagaimana rahasia keutamaan serta manfaat sholat tepat waktu bagi kesehatan, dan dibawah ini adalah sedikit cerita kisah nyata keajaiban sholat tepat waktu.

Kisah nyata ini dari seseorang yang menjalankan anjuran Rasulullah Saw dengan penuh keyakinan untuk mengutanamakan allah Swt di banding hal-hal yang bersipat dunia.

Manfaat Keutamaan & Kisah Nyata Keajaiban Sholat Tepat Waktu

Sholat Tepat Waktu dan Rezeki, itu nyata Bagaimana seseorang yang berpropesi hanya sebagai tukang berpenghasilan tidak seberapa berani meninggalkan penumpang yang diketahui pembisnis kaya raya ( rela tidak di bayar demi melaksanakan sholat tepat waktu saat adzan berkumandang di mesjid )

Lalu apa yang terjadi ? Orang kaya yang kebetulan beragama muslim ini merasa malu dengan kebiasaan tukang BECA ini dan hati nya ikut tergerak & bertekad untuk mencoba kebiasaan si tukang beca ini, Orang kaya ini sadar selama ini menuhankan uang dan hal lain yang bersipat duniawi.

Tersadar selama menjalankan bisnis,orang kaya ini lebih takut tidak tepat waktu untuk bertemu dengan rekan bisnisnya daripada takut tidak tepat waktu menghadap allah Swt untuk melaksanakan shalat wajib.

Sholat Tepat Waktu dan Rezeki yang di yakini oleh si tukang beca ini dan disampaikan kepada orang kaya ini bahwa yang menjamin rezeki bukanlah manusia tetapi allah swt.

Singkat Cerita Si tukang beca ini bisa berangkat Haji, hidup berkecukupan rezeki dari allah swt melalui perantara orang kaya ini yang memberikan sebagian hartanya kepada tukang beca karena merasa tertolong dengan memberikan contoh kebiasaan untuk selalu taat dan patuh kepada sang pemilik segalanya Allah Swt.

Subhanallah

Setelah mengetahui Manfaat Keutamaan & Kisah Nyata Keajaiban Sholat Tepat Waktu, Semoga kita semuanya termasuk orang-orang yang tetap istiqamah selalu menjaga sholat 5 waktu dan berjamaah dimesjid khusus untuk laki-laki. Amiiiiin Ya allah Ya rabbal alamin

Silahkan Klik Like dan Bagikan tulisan ini  supaya anda dan teman-temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.

Ditutup Dengan Doa Ya allah Ya Rabbi

  • Muliakanlah orang yang membaca Tulisan ini
  • Mudahkanlah setiap langkah kakinya untuk melangkah ke masjid
  • Lapangkanlah hatinya
  • Bahagiakanlah keluarganya
  • Luaskan rezekinya
  • Mudahkan segala urusannya
  • Kabulkan segala cita-citanya
  • Jauhkan dari segala Musibah
  • Jauhkan dari segala Penyakit,Fitnah,Prasangka Keji,Berkata Kasar dan perbuatan Mungkar
  • Dan dekatkanlah jodohnya untuk orang yang belum memiliki pasangan untuk orang yang membaca dan membagikan Tulisan ini.

Semoga bermanfaat….!!! Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumber Foto : Zona Muslimah

2 comments

  1. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, ternyata jika kita sholat tepat waktu maka banyak keuntungan yang kita dapat, apalagi jika kita sholat berjamaah saat jam adzan tiba.

  2. bimbel online sbmptn bandung

    Alhamdulillah.. Terimakasih artikel nya yang sangat positif ini. Semoga anda banyak berkah dan sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!