Selasa , September 24 2019

Makam & Kisah Legenda Nyi Ratna Herang Penari Ronggeng Asal Kuningan

Makam & kisah legenda nyi ratna herang penari ronggeng asal kuningan – Sekitar tahun  1920’an di wilayah priangan timur provinsi  jawa barat lebih tepatnya di kabupaten kuningan, ada sebuah cerita yang melegenda dan masih diingat banyak orang sampai dengan hari ini, tak terkecuali masyarakat kuningan itu sendiri

Kisah legenda nyi ratna herang adalah seorang gadis penari ronggeng yang sangat terkenal pada zaman nya oleh masyarakat luas karena kepiawaian nya menari,berparas rupawan ditambah bentuk tubuh nya yang menarik banyak  perhatian orang-orang yang melihat nya terutama kaum adam baik dari kalangan masyarakat biasa sampai kaum bangsawan terpesona oleh kecantikan nya.

Dalam bahasa sunda sendiri Nyi artinya Perempuan Ratna adalah nama gadis tersebut dan Herang artinya Bening, jadi kurang lebih kalau di artikan kedalah bahasa indonesia nyi ratna herang adalah Ratna perempuan cantik/bening.

Kisah legenda nyi ratna herang kuningan berakhir tragis

Memiliki paras cantik adalah anugerah dari sang maha pencipta tetapi bisa juga bisa menjadi sebuah cobaan, seperti legenda nyi ratna herang, kecantikan dan molek nya tubuh sang gadis 19 tahun pada waktu itu menjadi incaran banyak pria biasa, bangsawan sampai para jawara ingin memper sunting atau ingin memperistri nyi ratna herang. Padahal ada patantangan dari mucikari yang mengasuh dan membesarkannya bahwa Nyi Ratna tidak boleh menikah sebelum satu hajatnya dicapai. Alhasil Nyi Ratna pun dilarang untuk memiliki pendamping atau suami.

Makam & kisah legenda nyi ratna herang penari ronggeng asal kuningan

Seperti dilansir dari berbagai sumber kisah tragis  nyi ratna herang berawal dari undangan sebuah acara yang dihadiri para jawara dan bangsawan Dalam acara tersebut banyak orang berlomba-lomba ingin menari ronggeng bersama nyi ratna herang inin. Sang penari rongggeng berakhir tragis, terluka parah dan meregang nyawa disaat para jawara bertarung untuk memperebutkan nya tetapi malah melukasi nyi ratna, dimana sang pemenang dalam pertarungan tersebut berhak atas nyi ratna herang.

 

Dalam caerita legenda nyi ratna herang detik-detik sebelum mengembuskan napas terkahir, dari mulut keluar semacam kutukan, bahwa di daerah tersebut tidak akan ada wanita secantik dirinya sampai menginjak usia 19 tahun. Setelah meninggal nyi ratna di hayutkan kesungai cigede dan mayatnya di temukan oleh warga dalam kondisi sudah tidak utuh dan menebarkan bau tak sedap. Masyarakat yang menemukan mayat nyi ratna memakam kan dengan sukarela tidak jauh dari penemuan mayat nyi ratna

Kutukan Nyi Ratna Herang 

Seperti yang sudah diceritakan diatas ucapan nyi ratna sebelum menghembuskan nafas terakhir seperti sebuah kutukan dan konon sejak peristiwa tersebut itu, sulit menemukan gadis cantik berambut panjang sampai menginjak usia 19 tahun di daerah ciherang.

Hal tersebut karena rasa takut masyarakat terhadap kutukan Nyi Ratna, Seperti banyak diceritakan masyarkat setempat pada waktu itu banyak mengungsikan anak-anak gadis nya mereka ke rumah kerabat atau saudaranya di luar wilayah ciherang. dan akan kembali kembali ke ciherang setelah anak gadis nya melewati usia 19 tahun.

Entah kebetulan atau bukan sampai saat ini tercatat sudah ada 9 orang gadis menjelang usia 19 tahun yang meninggal. Mereka meninggal dengan berbagai cara, seperti mengidap penyakit kemudian meninggal dan berbagai penyebab lainnya. inilah yang menjadi penyebab ketakutan sehingga para orang tua mengungsikan anak gadis nya.

Makam nyi ratna herang

Tidak sedikit orang yang menziarahi makam nyi ratna herang, datang dengan berbagai tujuan, dari kalangan pekerja seni terutama para perempuan yang mempunyai profesi yang sama seperti nyin ratna sebagai penari ronggeng dengan tujuan ingin mendapat kesuksesan, disukai banyak orang dan terkenal seperti nyi ratna

 

Berbeda dengan peziarah masyarakat biasa, bila yang sudah menikah, datang ke makam nyi ratna. meminta agar keturunannya bisa secantik nyi ratna. Lokasi makam nyi ratna menjadi menakutkan karena dijadikan tempat memuja dan meminta di tempat yang bukan seharus nya, oleh sebagian orang-orang yang datang berziarah, bahwkan beberapa sumber menceritakan sering melihat penampakan mahluk astral yang disebut oleh masyarakat sekitar namanya kembang karang atau penampakan mahluk gaib dengan wuhd anak kecil.

Kisah Nyi Ratna Herang masih menjadi sebuah misteri. yang menjadi catatat dari kisah nyi ratna ini adalah penari ronggeng terkenal zaman dulu itu tetap saja manusia biasa seperti kita. Kutukannya tidak akan berlaku tanpa adanya izin dan campur tangan Tuhan yang Maha Kuasa. Terlebih untuk berziarah dengan maksud meminta berkah di makamnya adalah perbuatan menyimpang

!!..Gambar hanya sebagai ilustrasi…!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!