Lukisan Wajah Asli Raden Kian Santang

Lukisan Wajah Asli Raden Kian Santang

Ternyata dibalik lukisan wajah asli Raden Kian Santang yang selama ini dikenal oleh semua orang terdapat kisah menarik didalamnya. Lukisan wajah ini sendiri diletakkan di Keraton Kasepuhan yang ada di Cirebon. Saat mengamati lukisan wajahnya, cobalah untuk melihat matanya. Anda akan takjub karena matanya seperti dapat bergerak layaknya orang hidup.

Karena keunikannya itulah membuat kemasyuran dari keraton ini dikenal oleh semua orang. Lukisan yang ada dalam museum keraton ini menggambarkan gagahnya sang maha raja dengan macan putih. Macan putih itu sendiri adalah pengawal setianya. Lukisan ini identik dengan warna coklat karya pelukis dari Garut, sehingga dilihat dari manapun terlihat indah.

Lukisannya dibuat sejak tahun 2004 yang lalu, dilihat secara sepintas memang terlihat tidak aneh pada lukisannya. Namun saat itu ada tour guide yang mendampingi para traveler untuk melihat lukisannya dari 3 sudut yang berbeda, yaitu samping kiri, kanan, dan depan. Disitulah keunikan dari lukisan wajah Raden Kian Santang langsung terlihat.

Photo : Risma Rahma

Hal Menarik dari Lukisan Wajah Asli Raden Kian Santang

Setelah diperhatikan lagi, ternyata keunikan dari lukisan wajah Raden Kian Santang yang asli terlihat dari sorotan matanya. Karena matanya seperti mengikuti arah sudut pandang para pengunjung yang melihat keindahan lukisannya. Bahkan ketika dilihat dari sisi yang berbeda, fisik sang Raden terlihat tinggi kekar, namun kadang kala justru menjadi pendek besar.

Selain terdapat lukisan wajah asli raden kian santang yang unik, museum disini juga memiliki 2 kereta kencana Keraton. Salah satunya terletak di bagian depan dan itu masih asli. Namun saat ini sudah tidak digunakan lagi. Sedangkan kereta yang paling belakang masih sering dipakai untuk kegiatan.

Tidak hanya itu saja, disini juga tersedia berbagai macam senjata tajam, seperti kujang, keris, tombak, dan trisula yang mana saat itu pernah digunakan untuk berperang. Jika Anda sedang mencari tambahan koleksi foto untuk akun media sosial, disinilah tempatnya! Anda bisa mengambil gambar keunikan museum yang penuh oleh benda-benda bersejarah.

Sehingga dijamin Anda tidak akan pernah merasa jenuh karena banyak hal menarik yang bisa ditemukan disini. Selain lukisan, masih ada kereta, dan beberapa hal lain yang dapat mendukung keindahan dari museum yang ada di Cirebon ini. Maka dari itulah, tidak ada salahnya Anda segera berkunjung untuk menikmati keindahannya.

Letak Lukisan Wajah Asli Raden Kian Santang

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa lukisannya terletak di keraton. Sehingga untuk bisa melihat lukisan wajah aslinya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20 ribu/ orang. Setelah masuk disana, Anda akan melihat adanya tour guide yang akan membantu Anda mengenal sejarah dari apa saja yang ada di keraton tersebut.

Keraton ini buka setiap hari dari pagi sampai jam 4 sore di hari weekday. Sedangkan jika Anda datang pada weekend, maka jam tutupnya sampai 17.00 WIB. Sampai saat ini situs bersejarahnya masih dipakai anggota keluarga kerajaan. Untuk alamatnya sendiri di Jalan Kasepuhan, kota Cirebon, 45114.

Keraton ini dibangun di atas lahan sebesar 25 ha dan tersusun atas banyak bangunan. Bangunan yang pertama dan terdepan adalah Siti Hinggil. Artinya tanah tinggi yang tersusun atas bata merah dengan gaya arsitektur khas kerajaan Majapahit di masa itu. Disini ada 5 bangunan tanpa dinding yang terdiri atas 6 tiang.

Selain itu, disinilah Anda juga dapat melihat benda pusaka dan kereta keraton yang menarik. Sedangkan di bagian paling belakang ada Keraton Pangkuwati sebagai bangunan pertama Pangeran Cakrabuana, karena saat itu berperan sebagai Kuwu. Jadi ada banyak hal unik selain lukisan wajah asli Raden Kian Santang yang bisa dilihat disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!