Sabtu , Oktober 20 2018
Ketahui Penyebab Kutu Air Dan Cara Mengobati Yang Sudah Parah (1)

Ketahui Penyebab Kutu Air Dan Cara Mengobati Yang Sudah Parah

Ketahui Penyebab Kutu Air Dan Cara Mengobati Yang Sudah Parah –¬†Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur trikofiton atau jamur dermatofit. Menurut informasi yang saya dapatkan penyakit yang satu ini dapat menyerang bagian tubuh, seperti :

  • Tangan
  • Pangkal paha
  • Dan kulit kepala

Namun yang paling umum terjadi adalah di jari kaki lalu bisa menyebar ke bagian kaki lainnya dan ini yang saya alami. Saat sela kaki saya terserang penyakit kutu air, sela kaki terlihat bersisik sebagian warna kulit yang terkelupas putih pucat. Hal ini karena kulit memproduksi sel baru sebagai pengganti sel yang disurak oleh jamur tersebut.

Sela-sela di kaki saya terasa perih tadinya hanya berpikir mungkin karena menginjak sesuatu yang menyebabkan luka sobek di sela kaki. Lama terasa tak kunjung sembuh malah nampak terlihat semakin melebar rasa perih gatal yang semakin parah.

Sebelum mencari informasi cara mengobati kutu air yang sudah parah di kaki saya ini terlebih dahulu saya ingin tahu penyebab sela-sela kaki bisa terserang penyakit kutu air ini. Dan berikut ini adalah penyebabnya :

  • Lingkungan yang lembab dan hangat dapat memicu berkembangnya jamur penyebab kutu air
  • Memakai sepatu dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan ini menyebabkan kaki menjadi lembab dan memicu pertumbuhan jamur
  • Memakai sepatu atau kaos kaki tidak kering Selain itu, memakai sepatu yang berbahan plastik atau karet ini juga dapat memicu tumbuhnya jamur kutu air karena jenis sepatu tersebut akan membuat kaki berkeringat dan ¬†menjadikannya lembab.
  • Kaki yang banyak berinteraksi dengan air. Sebagai contoh kaum ibu yang terlalu lama di air karena mencuci baju dan kegiatan lainnya

Gejala yang akan terasa jika terserang Penyakit Kutu air di sela-sela jari kaki

  1. Gatal dan nampak warna kemerahan pada kulit
  2. Kulit bersisik dan kering
  3. Jari kaki dan telapak kaki terasa panas
  4. Terdapat lepuhan berisi nanah
  5. Kulit akan mengalami pembengkakan
  6. Kuku kaki menjadi tebal, rapuh dan berubah warna. Menurut bahasa kedokteran gejala ini disebabkan oleh jenis jamur Onikomikosis

Hati-hati Penyakit kutu air juga bisa menular

  1. Penularan dapat terjadi antar manusia maupun dari hewan ke manusia
  2. Penularan biasanya terjadi lewat kontak kulit langsung dengan penderitanya
  3. Jamur bisa menular melalui air yang terdapat dalam ai mandi dan air kolam renang.
  4. Dan Penularan bisa terjadi juga melalui handuk atau pakaian digunakan si penderita

Cara Mencegah agar tidak terserang penyakit kutu air

Jamur penyebab kutu air menyukai tempat yang lembab. Pastikan kaki dan sela-sela jarinya selalu dalam keadaan kering setelah mandi atau aktifitas lainnya setelah kontak langsung dengan air.

  • Usahakan hindari menggunakan model sepatu berbahan plastik atau karet. Pilih sepatu dengan ventilasi yang baik.
  • Sebelum memakai sepatu dan kaos kaki, pastikan dalam keadaan bersih dan kering.
  • Gunakan penutup kaki saat beraktifitas di kamar mandi bisa cukup lama

3 Cara Alami Mengobati Kutu Air

Jika sudah menyerang anda jangan dibiarkan karena beresiko menyebar dari kaki ke bagian tubuh yang lain. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan obat salep kutu air yang banyak di jual di apotik yang bisa dioleskan pada bagian kulit yang terserang.

Pada kondisi tertentu, penderita kutu air disarankan mengkonsumsi obat antibiotik. Hal ini terjadi jika infeksi kutu air disertai dengan infeksi bakteri. Tapi, penggunaan obat antibiotik ini harus sesuai resep dari dokter.

Selain cara di atas ada juga cara alami untuk mengobati kutu air yang sudah parah di telapak kaki yang bisa anda coba dengan ketiga bahan yang mudah di dapatkan di bawah ini .

1. Bisa mengobatinya dengan menggunakan Minyak Kelapa karena mengandung Asam Laurat yang bersifat anti jamur dan anti-inflamasi. dan minyak kelapa juga berfungsi untuk melembabkan kulit. Cara pengobatannya adalah dengan mengolehskan minyak kelapa ke area yang terinfeksi.

2. Cara mengobati kutu air dengan Cuka Apel – Yang bermanfaat dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan PH kulit yang di akibatkan infeksi jamur. Caranya adalah dengan merendam kaki atau area yang terinfeksi ke larutan cuka apel yang sudah dicampurkan dengan air selama 20 – 25 menit setiap harinya. Perbandingan campuran cuka apel dan air adalah 1:1.

3. Cara mengobati kutu air Menggunakan Air Garam – Larutan air garam sudah populer sebagai anti jamur. Cara mengobati kutu air dengan air garam adalah dengan melarutkan 2 sendok teh garam ke dalam satu baskom air hangat. Kemudian rendam kaki sekitar 10 sampai 15 menit. Lakukan cara menghilangkan kutu dengan garam ini setiap hari sampai sembuh.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab kutu Air dan cara mengobati yang sudah parah jika suatu saat menyerang kepada anda atau keluarga bisa mencoba tips yang saya tuliskan di atas dimana bahan yang digunakan cukup murah dan mudah didapatkan disekitarnya anda.

Semoga informasi ini bermanfaat…!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!