Selasa , November 20 2018
Jangan Usir Dan Memarahi Anak-Anak Kecil Saat Di Masjid

Jangan Usir Dan Memarahi Anak-Anak Kecil Saat Di Masjid

Jangan Usir Dan Memarahi Anak-Anak Kecil Saat Di Masjid –  Pernahkah anda melihat anak-anak kecil begitu riang dan gembira saat berada dalam mesjid pada saat melaksana shalat jumat maupun shalat wajib lainnya ? Mungkin terkadang kita merasa terganggu dengan keberadaan mereka, merasa menjadi kurang khusu dalam beribadah jika ada anak-anak kecil.

Tidak sedikit jamaah maupun pengurus mesjid matanya melotot penuh amarah , kata-kata bernada tinggi dan bibir yang nampak geram dengan perilaku anak-anak kecil yang masih polos ini ( Saya sering melihat kejadian seperti ini dalam ibadah sholat Jumat )

Perlu kita sama-sama ketahui ini adalah ujian ke khusuan kita saat beribadah kepada allah, sabar atau mudah jengkel atau tidak, dan masih fokus atau tidak saat beribadah pikirannya melantur kemana-mana memikirkan orang tua anak kecil tersebut dan berbicara sendiri di dalam hati ( Misal Ngapain sih bawa anak kecil segala menggagu orang lain saat beribadah Padahal orang yang marah ini sedang Shalat Atau Anak siapa sih ini nakal bener ) 

Pengusiran dan penghardikan anak-anak di mesjid mngkin menjadi pemandangan biasa di sekitar kita .Mata-mata tajam dan kata-kata kasar sering keluar, kecamuk antara wajah sangar orangtua di rumah yang menghalaunya ke mesjid dan wajah seram yang mengusirnya

Seolah merengut kebahagiaan masa kecilnya jika anak-anak muslim berlari riang tawa di mesjid itulah ciri khas anak-anak tetapi kalau yang berlari dan tertawa itu orangtua/dewasa baru wajib di usir. Mereka sebenarnya malaikat yang sedang bergembira di rumah Robb-Nya

Dalam sebuah riwayat pernah ada kejadian ketika itu 2 cucu Nabi muhammad Hasan dan Husein pernah menaiki tubuh Rasulullah saat mengimami sholat berjamaah dengan para sahabat. Rasulullah sujud begitu lama hingga ada sahabat  yang bertanya kepada baginda Rasulullah  “mengapa lama sekali sujudmu ya Rasulullah”  Rasul menjawab “Tadi Hasan dan Husein naik di tubuhku, aku khawatir kalau aku bangkit mereka terjatuh, ku biarkan mereka puas bermain”.

Dalam keterangan riawayat yang lain Rasulullah pernah mempercepat sholatnya karena ada tangis anak kecil yang memanggil ibunya yg sedang ikut berjama’ah bersama Beliau. Itulah mesjid Nabi yang tidak sepi dari anak-anak kecil.

Allah Swt memerintahkan kepada kita agar meneladani Rasulullah pada segala hal, baik terkait urusan dunia maupun akhirat, Termasuk cara bersikap kepada anak-anak kecil yang berada dalam mesjid. Kita harus belajar dan mengikuti Serta meladani Rasulullah dalam membiasakan anak-anak kita untuk mendatangi masjid dan bermain di masjid.

Islam melarang mengusir anak-anak keluar masjid. Islam justru mewajibkan umatnya  membiasakan anak-anak datang ke masjid untuk belajar shalat, belajar  membaca Al-Quran dan belajar hukum syariat lainnya diusia dini sudah kewajiban seorang tua muslim memperkenalkan anak-anaknya mengenal allah Swt.

Sering kejadian seperti : mengusir anak kecil memarahi melotot di ancam tidak boleh lagi ikut ke mesjid ada juga yang menasehati tetapi dengan mimik muka yang tidak enak di pandang .

Rasulullah pernah bersabda : Segalanya sesuatu yang dibarengi dengan kelembutan niscaya akan membuatnya menjadi lebih cantik dan indah. Jika kelembutan terenggut, segalannya akan menjadi rusak dan jelek. (HR: Muslim)

Sumber : Facebook Rudiawan Sitorus & https://www.hidayatullah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!