Kamis , Oktober 18 2018
Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu, Singkat Lengkap

Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu, Singkat Lengkap

Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu, Singkat Lengkap – Assalu’alaikum Wr.Wb  Menunaikan sholat fardhu 5 waktu dalam sehari semalam merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Saking wajib nya dalam keadaan dan kondisi apapun harus tetap dilaksanakan tidak boleh tidak ( Tetapi sesuai yang di contohkan oleh Rasulullah Saw yang tentu tidak akan memberatkan umatnya )

Dalam shalat wajib ini banyak sekali keutamaan apabila mengetahui makna atau arti dalam setiap gerak dan bacaan yang di wajibkan dalam menunaikannya. PERLU kita ketahui semua dalam sholat terdapat bacaan yang mengandung doa yang paling sempurna.

Bahasan kali ini yang akan saya bagikan adalah Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu, sebagai penyempurna doa kita kepada allah Swt. Amalan mudah di hafal seperti yang di contohkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw.

Berikut adalah Dzikir Dan Doa sesudah Sholat Fardhu 5 Waktu yang pendek dan mudah sekali untuk di ingat dan hafalnya : Baca Juga Tata Cara & Doa Shalat Tahjud

1. Setelah salam kemudian membaca istigfar sebanyak 3 kali kemudian mengucapkan, doa di bawah ini

اللَّهُمَ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Arti dari doa dengan bahasa arab diatas adalah : Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan ,Maha berkah Engkau, Wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan.(Sahih :Hadist Riwayat : Muslim, no. 591)

2. Kemudian di lanjutkan dengan mengucapkan

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

 اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Arti dari doa diatas adalah : Tidak ada sembahan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu baginya.

Baginya segala kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mampu mencegah sesuatu yang telah engkau berikan dan tidak ada yang mampu memberi sesuatu yang Engkau cegah.

Tidak bermanfaat kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya untuk (menebus) siksaan mu (Sahih; Hadist Riwayat Bukhari, no. 6862; Muslim, nomor 593: An-Nasa’i, no. 1341)

Kemudian dilanjutkan dengan zikir :

  • Bertasbih ( Subhanalloh ) 33 kali
  • Bertahmid ( Alhamdulillah ) 33 kali
  • Bertakbir ( Allahuakbar ) 33 Kali

Terdapat keterangan bahwa dalam Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari shahabat Abu Hurairah : Rasulullah Saw bersabda : Barang siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir sebanyak 33 kali setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99 kemudian menggenapkannya untuk yang ke 100 dengan doa di bawah ini :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (Sahih; Hadist Riwayat : Muslim, no. 597)

3. Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk membaca lafal tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing sebanyak 33 x , Anda bisa juga mengucapkan tasbih, takbir, dan tahmid sebanyak 10 kali saja.

Hal ini berdasarkan hadist Abdullah bin Amru radhiallahu ‘anhu. Rasulullah Saw bersabda,

خَلَّتَانِ لَا يُحْصِيهِمَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ أَلَا وَهُمَا يَسِيرٌ

وَمَنْ يَعْمَلُ بِهِمَا قَلِيلٌ يُسَبِّحُ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرًا وَيَحْمَدُهُ عَشْرًا وَيُكَبِّرُهُ عَشْرًا

Terdapat 2 perkara, setiap muslim yang konsisten melakukannya akan masuk ke dalam surga nya allah Swt. Keduanya tidaklah sulit, namun sangat jarang yang mampu konsisten mengamalkannya.

(Perkara yang pertama) ialah bertasbih, bertahmid, dan bertakbir masing-masing sebanyak 10 kali sesudah melaksanakan shalat fardhu 5 waktu. (Sahih :Hadis Riwayat Tirmidzi, nomor . 3410; Shahihut Tirmidzi, no. 2714)

4. Kemudian setelah itu membaca Ayat Kursi serta diikuti surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Nas. Rasulullah Saw bersabda :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِي دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلاَّ أَنْ يَمُوْتَ

Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai menunaikan shalat wajib 5 waktu. Maka tidak ada yang menghalanginya masuk  ke dalam surga selain kematian. (Sahih : Hadist Riwayat. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Kabir, nomor. 7532, Al-Jami’ush Shaghir wa Ziyadatuhu, no. 11410)

Uqbah bin Amir radhiallahu ‘anhu Mengatakan :

أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ

Rasulullah Saw memerintahkanku supaya membaca surat Al-Mu’awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) setiap selesai menunaikan shalat. (Sahih : Hadist Riwayat : Abu Daud, nomor. 1523; Shahih Sunan Abi Daud, no. 1348)

Saya punya referensi buku kecil Hishnul Muslim karya Dr. Sa’id Al-Qahthani yang memuat zikir-zikir yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Saw telah banyak diterjemahkan.

Demikian bahasan tentang panduan dzikir dan doa setelah Sholat Fardhu 5 Waktu, Singkat Lengkap dan mudah-mudah bisa bermanfaat.

Sumber Foto : Banghen.com & imammunandar.com

2 comments

  1. Mantap lanjutkan. Mksih catatn kakinya

  2. saya ingin meng-copy filenya agar mudah di pelajari. mohon izinnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!