Jumat , Desember 14 2018
Profil biodata Biografi Ustad Yahya Waloni

Biografi Ustad Yahya Waloni Mulai Dikenal & Disebut Pembual

Biografi Ustad Yahya Waloni Mulai Dikenal & Disebut Pembual – Baru-baru ini saya melihat dan mendengarkan beberapa tayangan ceramah seorang ustadz  di youtube dimana isi dalam ceramah tersebut menurut pengakuan beliau adalah mantan seorang pendeta yang sudah malang melintang.

Nama yang dikenal saat ini adalah muhammad Yahya Waloni untuk saya sendiri menjadi penasaran dan ingin mengehaui lebih jauh siapakah pendeta yayah waloni ini. untuk menjawab rasa penasaran tersebut saya sempatkan menyimak banyak ceramah yang beliau sampaikan yang sudah tersebar videonya di youtube.

Dalam Pengakuannya saat ustad yahya Waloni memutuskan memeluk agama islam sampai dimusuhi oleh beberapa pendeta dan teman-temanya, beliau rela meninggalkan semua yang dimiliki termasuk limpahan materi yang mudah didapatkan saat menjadi pendeta.

Untuk tetap melanjutkan hidup dan memeluk keyakinannya yang baru sebagai seorang muslim beliau tidak malu menjadi pemulung botol bekas dikawasan jakarta utara sebagai profesi dan pekerjaan baru yang dijalani untuk menafkahi keluarganya, Godaan datang kembali dari kawan lamanya yang akan menjamin kehidupannya normal kembali dari segi materi dengan Catatan kembali ke geraja.

Namun apa yang terjadi beliau dengan tegas dan menolak ajakan tersebut dan berujar walau hidup apa adanya tetapi mendapatkan ketenangan lahir batin setelah memeluk islam, dalam perjalanan spritualnya Ustad Yahya Waloni tidak pernah patah arang dan malu untuk terus belajar memperdalam ke islamannya.

Pernah suatu ketika beliau belajar mengaji di pondok pesantren pimpinan KH. Abdullah Gymnastiar di bandung bahkan aagym sendiri berkata kepada pria kelahiran manado sulawesi utara ini, Pak Yahya apa tidak malu belajar membaca kitab suci alquran bersama dengan anak kecil ? Ustad Yahya Waloni Menjawab lah ko kenapa mesti malu.

Seiring berjalannya waktu ke ilmuan beliau tentang islam terus bertambah dan semakin memantapkan hatinya sampai akhir hanyat tetap sebagai seorang muslim yang taat, Ustad Yahya Waloni sering mendapatkan undangan ceramah ke berbagai daerah indonesia.

Untuk seorang muslim termasuk saya ceramah-ceramah beliau ini sangat memotivasi mengingatkan kita untuk tetap berkeyakinan bahwa Tuhan itu Esa Tiada yang patut disembah kecuali allah Swt. Namun untuk sebagian saudara kita yang beragama nasrani seperti yang saya baca di berbagai media Ustad Yahya Waloni isi ceramahnya membabi buta kurang toleran dengan pemeluk agama yang lain  dan ada yang mengatakan beliau ini pembual yang saya baca di link berikut http://www.kompasiana.com/

Untuk anda yang ini mengetahui Biografi Ustad Yahya Walon,i berikut adalah profil biodata beliau yang saya ambil dari sumber situs http://remajasampit.blogspot.co.id

Nama Lengkap : Muhammad Yahaya Waloni (islam)
Alias : Yahya Yopi Waloni ( kristen )
Profesi : Peceramah
Agama : islam
Tempat Lahir : Manado 30 November Tahun 1970
Warga Negara : Indonesia

Riwayat Pendidikan:

  • SD: 1976-1982
  • SMP: 1982-1985
  • SMA: 1985-1987 (lompat karena prestasi)
  • S1: 1996. Pendidikan Teologia. Sekolah Tinggi Teologhia Calvinis Manado
  • S2: 1998. Filsafat Keilahian Yesus di Zeberot Gaza Israel
  • S3: 2004. Penyelesaian Distersasi Program Doktoral Di Italia

Aktivitas :

  • Pendeta disalah satu gereja di Papua
  • Pendiri Universitas Kristen Papua
  • Rektor UKI
  • Memeluk agama islam : Tanggal 11 Oktober 2006 pukul 12.00 Wita, Bersama-sama dengan keluarganya

Itulah Biografi Ustad Yahya Waloni yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda yang mengetahui lebih lengkap isi ceramah pengakuan beliau awal mula dari seorang pendeta menjadi mualaf bisa menyimak video dibawah ini

75 comments

  1. Sudah pakain serban belum untuk siap memecah belah bangsa Indonesia dengan agama( kata Panglima TNI).!

  2. Pendeta digereja mana saya juga pusing, gak ada gereja yg tau dimana dia, dan gak pernah ada cilvinis teologia di papua.

  3. hati2 dengan para pemecah belah umat, walau dengan mengaku diri sebagai ustad yang mantan pendeta atau dan lain sebagainya
    umat Islam harus tetap bersatu begitupun juga dengan seluruh anak bangsa ini, jangan memandang agama atau kepercayaan, NKRI tetap satu

  4. Udah lah intinya jesus yg kalian anggap tuhan itu adalah manusia.
    Dan manusia pasti punya TUHAN.
    inti nya selama ini kalian menyembah manusia.

    • Setuju dan jawaban telak

    • Only God can judge me ! Aku percaya Yesus Kristus Tuhan

    • Hahaha
      Di quran juga tertulis rohhullah artinya rohAllah dan akan datang lg sbg hakim yg adil…hebat ya yesus yg manusia punya hak Allah sbg hakim yg adil

      • Begini klo Kristen sok tau tafsir qur’an. Ngopi dulu sana bung biar seger hahaha.

      • Ahsanulchaliqien

        Bego..

      • Orang goblok dan tolol ga usah bawa2 qur-an segala, eh tolol… Lu cari di qur-an manapun lu ga bakal nemu yg namanya rohullah. Tapi Gue mau kasih tau, yg benar itu Rasulullah yg artinya rasul Allah, sama dgn isa a.s yg bukan yesus. Emang benar ya, kalau orang goblok ga bakal nyampe otaknya ke islam. Satu kata buat lu sob

        Kasian

    • Dalam Alquran ada tertulis bahwa Isa akan datang untuk mengadili semua manusia, termasuk mengadili Muhammad karena Muhammad adalah manusia. Siapakah yg bisa mengadili manusia??? Pikiiirrrr….

      • Isa as turun kembali ke bumi bukan utk mengadili manusia..ini ilmu darimana? Isa as diturunkan ke bumi utk membunuh dajjal..dan pd saat nabi Isa turun,beliau bersabda bahwasanya Aku bukanlah tuhan,aku hanyalah seorang Rasul.. cari di injil 1 ayat saja yg menyatakan bahwa yesus tuhan/yesus berkata akulah tuhan.ada tidak?

        • Boy Situmorang

          Saya sudah mencarinya di Injil, bolak balik tapi tidak ada 1 ayatpun Yesus mengaku sebagai Tuhan. Atau Sembahlah aku, Yang ada adalah Akulah jalan….

          jika jalan, artinya hanya perantara. Logika saya menyangkal yesus Tuhan, karena Tuhan tidak bisa mati. Sedangkan Yesus Mati.

          Jika yesus sebagai nabi, sebagaimana di islam, ini bisa masuk logika.
          lagipula, setelah saya pelajari ternyata luar biasa di injil ko perintahnya sama seperti d islam.

          1. menyeru untuk menyembah 1 Tuhan
          2. Sunat jika tidak disunat, dihukum
          3. Sujud
          4. Hijab
          5. Alkohol Haram
          6. Babi Haram
          7. melarang zina
          8. sedekah/Zakat
          9. Puasa
          ….
          masih banyak yang lain yang jika saya tuliskan tidak cukup. Intinya, SAYA TERCENGANG, KOK BISA BISANYA SAMA DENGAN ISLAM, TAPI DI GEREJA TIDAK PERNAH DISAMPAIKAN AYAT-AYAT ITU.

          Semakin disembunyikan, semakin saya penasaran, saya akan coba tanyakan sama pendeta saya. Jika jawabannya tidak bisa memuaskan, saya ikuti jejak Yahya waloni menjadi islam.

          Semoga pendeta saya bisa menjelaskan dengan sangat jelas. Saya akan merekam nya. Biar nanti ada pembelajaran buat semua

          • Dari bahasa Anda saja sudah ketebak bahwa anda bukan seorang Nasrani..jd gk usah lah sok ngaku Nasrani hanya untuk menjelelek” kan Kristen.
            Pelajari dulu agamamu sendiri bung ..pahami arti Alquran kau itu bung… Jgn cuma vs baca g Tau arti..sama aja nihil..ibarat anak sekolah dikasih buku tp g paham isi bukunya…cuma ngandelin ceramah adudomba …Masih banyak pemimpin umat Islam yg berakhlak dan jauh lebih paham agama kalian sebenarnya..bukan orang” yg gembar gembor di YouTube itu yg kalian anut.
            Ngaku agama paling beragama…noh..duit haji pun di makan..kyk gitu harusnya kalian urusi..malu” in negara.

        • Dima pula tertulis itu.

      • Qur’an surat berapa yg berbunyi seperti itu? Kalian Kristen belum tamat agama sendiri saja sudah sok tau islam. Sudahlah kalian belajar yang baik baru kita berdebat.

  5. Memeluk agama manapun bebas di negeri Indonesia tercinta ini…yang ga boleh adalah menjelek2an agama lain…karena semua agama dilindungi UU…saudara Yahya waloni ini provokator dan penyebar ujaran kebencian dan melanggar hukum..dan tujuannya memecah belah bangsa…dan menurut analisa saya Yahya waloni bagian dari komunitas yang ingin memecah NKRI….saya orang Manado tapi tidak mengenal orang ini…

  6. Itu ustad yahya perlu dipertanyakan keyakinanya,kalau mau jadi muslim yang benar maka ceramalah tentang bagaimana menjadi manusia yang benar menurut ajaran islam bukanya menjelekan kristen,karena di daerah saya ada muslim yang pindah keyakinan ke kristen tapi tidak pernah menjelekan islam,dia hanya mengatakan lebih nyaman dgn ajaran kristen

    • Jgn percaya la brow…
      Apa mungkin pendeta yg sudah knal yesus bisa tinggalin yesus…mustahillah

    • Pieter pora, justru dakwah seperti beliau yang jarang didengar kan oleh kaum muslim dan itu yang jarang di ekspose kebenaran nya. Jangan anda nilai dari sampul keras dakwah beliau. Anda Kristen tidak akan faham isi dakwah beliau dan dampaknya terhadap umat muslim. Dakwah beliau sesuai kebutuhan zaman yang semakin hari sulit untuk menyuarakan kebenaran.

      • Nah kalo ente nyari kebenaran di zaman yg susah begini..harusnya ente ngulik bener tuh omongannya dan kalo.perlu ente pelajarin sendiri sampe dpt kebenarannya, jgn cuma dpt ceramah orang doang..siapa tau ente jg lagi kena zonk,namany manusia bisa aja salah info

  7. Saya harap kalian jangan terpengaruh sama ustad yahya walopi, saya merasa kalo kita sedang di adu domba. Saya orang nasrani jujur saya juga pernah jadi muslim saudara saya ada yg muslim ada juga nasrani tapi saling membantu suka maupun duka soal beda pendapat itu wajar. Asal kita saling menghargai, saling menghormati kita pasti bisa menjadi satu bagian NKRI.

  8. Ya udah lah masalah kepercayaan itu hak masing-masing manusia, kita bukan tuhan yang dapat menghakimi orang lain, kita hidup dinegara demokrasi, hiduplah dengan rasa toleransi yang tinggi, karena keyakinan itu panggilan jiwa, tidak dapat dipaksa. Serahkan semuanya hanya kepada yang maha kuasa.

  9. Soleman Buni Lero

    Biarkanlah apa kata pak ustad Muhammad Yahya Waloni itu, jgn kita terpengaruh dg kata2 manisnya, sehebat apapun dia menafsirkan alkitab danenghina TUHAN Yesus kalau tdk mendapat kasih karunia sama saja. Tapi, saya mau ingatkan pak ustad jgn pernah menghujat ROH KUDUS ya, kalau menghujat Yesus Kristus masih dpt ampunan, tapi menghujat ROH KUDUS maka engkau sendirilah yg meminta tempat du neraka jahanam.
    Dan kalau terlalu menyanjungkan diri bahwa dulu adalah pendeta yg hebat dan tersohor, terus lagi menguasai alkitab dalam bahasa asli dan lain sebagainya, rasa2lah sedikit pak ustad, selagi kamu masih diberi kesempatan.
    Saya cuman peringatkan, saya hanyalah seirang bodoh yg tdk tahu Alkitab dan mungkin saya juga org paling jahat sejagat, tapi saya bersyukur TIHAN Yesus mengasihi saya.
    Hati2lah dg mulutmu ustad Waloni.👆👆

  10. Di Israel Tidak Ada universitas Kristen yang punya jurusan filsafat keilahian Yesus, teman Saya Orang Indonesia yang Tinggal di Sana sudah 5 tahun kaget Ada sekolah kristen setara University dengan jurusan filsafat keilahian Yesus,,,,, orang Kristen tak sebodoh yang kalian Pikirkan

    • jean, yg mengatakan umat Kristen bodoh siapa? Jangan membuka kedunguan disini. Knp kalian bersikap defensif dengan ustad waloni? Apakah kalian umat Kristen merasa ditelanjangi oleh beliau tentang keburukan gereja dan sikap pendeta kalian?

      • Kalo ane sebagai kristen sih ga ditelanjangin pak mantan pendeta sama sekali, cuma dr isi ceramah dan biodata pak mantan,kok ane jd mikir malah pak mantan yg telanjangin dirinya sendiri..cmiiw..

    • Itulah begonya Yahya itu, dia pikir Muslim yang didakwainya bego kek dia.
      Ha..ha..ha😂😂😂

  11. Kita bukti aja nanti …. kebatilan pasti akan kal kalhah dan kebenaran akan muncul dibelahan dunia orang berlomba2 masuk islam terutama para sebagian ilmuan dunia dan satu lagi yang jelas islam masuk keindonesia bukan lewat penjajah dan krestin itu dibawah oleh penjajah disini kita bisa nilai

  12. Penulisan yg benar teologia, bukan teologhia. STT Calvinis tidak ada di manapun. Zeberot Gaza Israel itu apa? Sekolah apa? Belajar agama Kristen, S3 di negara Jahudi, Israel? Pendiri UKiP? Pernah jadi rektor UKI? Kok umat Islam percaya dgn bualannya? Apa tidak pernah diselidiki tentang data biografinya? Hahahaaaa…

    • Bung anton sepertinya anda lebih bermain pada kulit saja. Cobalah menafsirkan substansi isi dakwah beliau, jika memang ada kekeliruan tentang dakwah beliau tentang jati diri umat Kristen dan kebususukan nya silakan saja buat somasi atau petisi keberatan tentang dakwah beliau. Jika kalian bisa membuktikan itu keliru, jika tidak sanggup membuktikan cukuplah kalian umat Kristen diam saja.

  13. logikanya, mengapa dia gak pernah ceramah ditanah kelahirannya sendiri???? karna dia malu…semua yang dia bilang, itu tidak benar….. biografinya aja kabur, alias tipu semua…

    • Itu tidak penting bung. Kalian umat Kristen sama saja masih belajar kulit semuanya. Sebaiknya kalian tonton ceramah beliau dengan baik, pelajari tentang kekeliruan Kristen dari perjanjian baru.

      • Penting itu bang, kalo dr kulitnya aja udah ngibul, masa dalemnya dipercaya..boha do lae on?

      • kepintaran dunia yg sekarang semua kalian pake itu buatan kristen..sudah bodoh malah pertontonkan kebodohan lucu

      • Yaaah udah, anggaplah agamamu yang benar.
        Kita ngak lagi bahasa agama mana yang benar, tapi saya mendengar ceramahnya, saya kog rasa lucu, karna hare gene kog masih ada org yang mau dibodohi.
        Saran saya berilmulah ke org yang benar2 Islam.

    • Yahya waloni belum pernah jadi rektor di UKIP Papua, krn rektor UKIP dari berdiri th 2005 sampai sekarang rektor adl Prof.Dr Sasmoko..
      Kemudian masalah YW dikeluarkan sbg pendeta, krn selain suka mabuk2 an juga suka main wanita..ini kata mbah google( alasan Yahya waloni menjadi mualaf)

  14. Teruskan pak yahya perjuanganmu di jalan yg BENAR yg di ridhoi oleh pencipta langit dan bumi beserta isinya..keras terhadap kafir itu wajib dalam membela agama Allah subhana huwataala,,
    Anda sdh menantang utk berdebat kepada pendetA tentang kebenaran,tp faktanya tdk ada pendeta yg ckp pintar utk berdebat dengan anda,jgnkan indonesia bahkan pendeta kelas dunia sy yakin tdk ada yg bs mengalahkan debat anda,krn yg anda bw adalah KEBENARAN..
    Orang kristus yg komen negatif terhadap anda yg HANYA brani lwt dunia maya adalah orang2 munafik yg bodoh dan semoga mereka mendapatkan hidayah dr YANG MAHA MEMBERI HIDAYAH..aminnn…

  15. STT calvinis dimanado, Tidak Pernah ada, Rektor UKI Tomohon, emang ada lg Uki dimanado selain tomohon? Ayah sy dosen senior disana, tdk ada nama org ini…
    Gereja Papua ada banya, dia di denominasi gereja apa? GKI, GIDU, KEMAH INJIL Atau mgkn gereja setan kali….PEMBUAL PEMBoHoNG Kok dipercaya. Kasihan umatnya

    • Klo memang ustad waloni pembohong atau pembual seperti yg disampaikan tentang isi ceramah nya. Silahkan lapor saja, jangan kalian umat Kristen bersikap negatif tentang beliau dan berani dibalik dunia maya.

      • Jangan dikit2 lapor bang batak, kaya anak2 aja dikit2 lapor minta diperhatiin emaknya..
        Kekristenan dr dulu sering dihina, tapi untuk orang2 yg udah ngerti kekristenan, biasa aja nanggepinnya..

      • ngelaporin gimana, wong biodatanya cuman diketahui dari bacotannya doang !
        coba kita lihat nanti,… dia termasuk dalam dafar mubaligh yang direkomendasikan oleh Kemenag atau tidak …
        #wkwkwk

    • Kalau pendeta gereja setan, bisa jadi tuh…karena suka mabuk-mabukan & main perempuan.

  16. Ada 3 jenis ummat ,pilih posisi mu dimana silahkan pilih :
    Ummat dalam penantian
    Ummat dalam kebingungan
    Ummat dalam AnugerahNya

    Jangan mau di pecah belah oleh yang ngaku mantan pendeta tetapi pembohong bin pembual alias memecah belah saudara sebangsa dan setanah air.
    Jangan mau di tipu oleh seorang pendeta mantan Ustadz yang hanya ingin selamatkan perut.
    Agamamu bagimu, agama ku bagiku, ayo kita tanding ibarat pohon buahnya siapa yang paling manis, nikmat dan berkah silahkan. ……..

  17. Rieven Matindas

    Hmm.. Saya suka ceramahnya..
    Boleh saya minta kontaknya, sebab saya tertarik untuk membeli buku yang beliau buat. Saya ingin mempelajari tentang kebenaran apa yang dia ceramahkan.

    Jangan-Jangan saya malah terjebak dengan agama yang selama ini saya yakini, karena saya juga bingung, di Injil tidak pernah disebutkan bahwa Yesus mengaku sebagai Tuhan yang tidak memiliki makna ganda.
    Mohon bantuannya, atau jika memang saya harus membeli buku nya, dimana saya bisa dapatkan buku nya? Saya cari di gramedia tidak ada.

    Sebetulnya saya pun agak ragu dengan isi ceramahnya. Tapi semakin saya lihat di youtube, semakin santer beritanya. Saya ikuti terus ceramahnya, sehingga saya jadi penasaran seperti apa buku nya.

    • dari latar belakang si waloni yang kabur dan gak jelas, banyak bohongnya,…
      tentu saja ceramah dan buku karangannya termasuk…. abal-abal !
      kalau mau mendalami soal kekristenan, coba simak ceramahnya Dr. Bambang Noorsena

      salam

  18. ustadz yahya waloni mantan pendeta yg ahli theology… kafir pasti kelojotan dengar ceramahnya… dan yg islam liberal pasti bilang ini ustadz radikal pemecah belah NKRI…

  19. Isinya ucapannya menyerang menghina mencela menghujat memfitnah kekristenan dengan bualan2. Di rekam tujuan nya untuk di dengar oleh orang yg beragama Kristen, merasa diri pakar, ahli filsafat ahli Kristen, hahaha, hasilny? Tidak akan pernah Ada, Gereja dan kekristenan akan terus ada sampai bumi ini berakhir

  20. kalau isi ceramahnya abal2 buktikan dengan yang menurutmu benar. Dan luruskan. Gitu aja kok repot

  21. SMA 2 thn (1985-1987)?
    Pasti Juli 1985-Juni1987
    Sebab sejak 1979, akhir tahun pelajaran digeser dari Desember ke Juni sehingga ada tambahan 1 smester. Jadi thn 1979 ada 3 smester.
    Apa pun kecerdasan murid, omong kosong SMA 2 hanya tahun.
    Pembohongan publik!!!!!

  22. Aduuuh…Pak Yahya, ngaco ngomongnya.
    Pendeta dimana yang digaji Jerman ? ha..ha..ha😂😂😂
    Kalo saya Muslim, saya ngak mau didakwa org kek gini, banyak yang ngak benar.
    Cintoh2nya al:
    Kalopun benar rektor, tapi rektor bukan kepalanya Para Pendeta.. Pdt setelah selesai kuliah ke organisasi gerejanya, bukan lagi dibawah Rektor, ngarang ah.
    Cerita dana gereja ngarang banget, emang semua gereja dibawah PGI ?. Mana ada duit derma dikirim ke PGI ?. Trus kirim ke luar negeri untuk beli senjata😂😂 Ngaco ah.
    Justru yang ada negara2 luar yang kaya, bantu dana ke Gereja.di tempat2 terpencil.
    Yahudi bersekutu dengan Kristen ?
    Dari mana lagi sumbernya.😂
    Coba aja telusuri lebih jauh siapa Yahya ini ?
    Benar ngak sekolahnya ?.
    Islam tetaplah jadi Islam, perkuat imannya dengan mendengar dakwa, tapi jangan sama org seperti inilah.
    Banyak yang ngaco.

    • Lu kira orang islam bego kya orang kafir ?
      Rektor itu pendiri universitas
      Pendeta itu pimpinan gereja
      Dua hal itu emang ga bersangkutan bego
      Yg mantan pendeta dia, yg terima bayaran dia. Kalau lu suruh orang islam cek kebenaran dari ceritanya maka sama halnya lu nyuruh orang buat menggal kepala orang lain. Emang lu pikir ada yg mau ? Karna gue tau orang kafir itu teman nya setan, makanya saya ngga heran kalau kalian bisa bolak balik sulap sana sini yg benar jadi salah yg s

      Makanya tu otak di asah biar ga tumpul

    • Lu kira orang islam bego kya orang kafir ?
      Rektor itu pendiri universitas
      Pendeta itu pimpinan gereja
      Dua hal itu emang ga bersangkutan bego
      Yg mantan pendeta dia, yg terima bayaran dia. Kalau lu suruh orang islam cek kebenaran dari ceritanya maka sama halnya lu nyuruh orang buat menggal kepala orang lain. Emang lu pikir ada yg mau ? Karna gue tau orang kafir itu teman nya setan, makanya gue ngga heran kalau kalian bisa bolak balik dan sulap sana sini, yg benar jadi salah yg salah jadi iblis… Itukan keahlian kalian… Ajaran Kitab suci kalian saja kalian tidak ikuti apalagi ajaran kitab suci orng lain… Di suruh sunat ga mau sunat, di larang makan babi hem hantam, di larang mabuk wah sampe tiduran di bawah pohon… Semua ajaran bible kalian langgar semua… Jadi kalau ga pungsi di agama sendiri mendingan lu diam aja, ga usah banyak bacot…

      Makanya tu otak di asah biar ga tumpul

  23. Ustadz yahya di bilang pemecah belah umat dan bangsa, hahahahahaha
    Orang goblok bicara soal umat, umat mana yg beliau pecah belah ? Justru beliau adalah pemersatu umat bagi agama islam
    Oh iya sorry to say, emang benar beliau adalah pemecah umat, tapi umat yg tolol, goblok dan kafir.
    Beliau adalah juru slamet bagi kafir, beliau adalah penyelamat kaum kafir, dan beliau adalah Almasih bagi orang kafir. Tapi saya maklum jika kafir protes dgn kerasnya bahasa beliau, karna satu kebenaran yg beliau ucapkan maka kafir kafir itu seperti kambing yg di kuliti hidup hidup. Bagus kalau merasa di kuliti hidup hidup selama masih di dunia, tapi kalau sudah di neraka baru tau… Oh ternyata yg di katakan ustadz bebal itu benar ya. Orang kristen itu semuanya masuk neraka tanpa terkecuali.

  24. klo tdk bisa berkata baik. lebih baik diam. rektor uki masa gak bisa dilacak..

  25. Wahai Ahlussunah Wal Jama’ah hati hati dgn ustad yg satu ini

  26. Bisa minta kontak ust Yahya waloni ?

  27. Percuma ngomong sma org kafir tpi IQ nya rendah, kitab palsu kok dijadikan acuan hidup, di imani lgi, kristen kafir

  28. Nama jg kafir..gk mau kalah..pst brbgai cara dia lakukan utk mnutupi kbhongnyg ada,gk usah kritik sana kmri.branix cuman dunia maya,dasar kafir,hahaha,,klo ustas ini memng salah yg dkatakn.knp gk ad yg brani ajakin dia debat,smpe dunia pun gk ad,gue heran sm org nasrani.mreka marah cuman dunia maya aja,lgsg donk k orgx biar jlas n lo tauk…1 satu lgi..apa Tuhan bisa mati gk?,pst gk bisa kn,tpi Tuhan kmu prnh mati n d salib,jdi Tuhan kmu yg mematikn itu siapa,brrti msih ad Tuhan d atas tuhanmu..mn bisa mnusia d jdikn Tuhan n mna mau Tuhan mnyerupai mnusia,dia kn maha pncipta n maha suci n masa Tuhan mau mnyerupai dgn ciptaannya,mn mngkin.gk madik logika..

  29. Dunia ini biar di bolak balik skalian dengan cerita agama, KRISTEN ttp Kafir ttik….

Tinggalkan Balasan ke Gumi Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!