Kamis , November 15 2018
8 Jalan rejeki yang di gambarkan dalam al-quran Oleh Allah Swt

8 Jalan rezeki yang di gambarkan dalam al-quran Oleh Allah Swt

8 Jalan rejeki yang di gambarkan dalam al-quran Oleh Allah Swt  – Kebanyakan Manusia seringkali melihat rezeki hanya persoalan uang  dan harta benda yang diperoleh dari jerih payah bekerja, zaman sekarang sangat nampak bahwa pemikiran Rezeki di tangan Allah telah mengalami pergeseran sehingga kehilangan maknanya. Pemikiran tersebut menjadi kosong dan bahkan tidak menjadi keyakinan bagi kebanyakan umat Islam saat ini.

Dengan hilangnya makna pemikiran tersebut, kemudian berkembang khurafat dan takhayul dalam benak sebagian umat Islam. Pemikiran khurafat dan takhayul itu Diantaranya :

  • Rejeki tergantung pada usaha atau ikhtiar manusia, sehingga berpikiran usaha manusialah yang menentukan rezeki.
  • Rejeki itu tergantung pada akal dan kedudukan, sehingga siapa yang lebih pandai,pintar maka sudah pasti jalan rezekinnya akan lebih banyak, demikian juga seorang atasan lebih banyak rizkinya dibandingkan karyawannya.
  • Rejeki adalah materi yang dapat dihitung secara matematika dan di ukur dengan logika , sehingga ketika jumlahnya berkurang, di satu sisi jumlah pembaginya bertambah, maka rezekinya akan berkurang.

Padahal hakikathnya rezeki Allah itu teramat luas menurut kitab suci Al-Quran, setidaknya disebutkan ada 8 jalan rezeki dalam islam yang Allah berikan untuk hamba-hambanya. Apa sajakah itu?

1. Rezeki yang Telah Dijamin

( Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya )
(Q.S.11:6)

Sebagai contoh : ada seorang anak yatim piatu tidak memiliki orangtua ( Bapak/ibu ) namun ia akan tetap hidup sampai besar dirawat panti asuhan atau diadopsi oleh keluarga yang lain

2. Rezeki Karena Usaha ( Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya)  (Q.S.53:39)

Sebagai Contoh : Karena Seseorang gigih dalam usaha/bekerja kini Keluarga si Fulan yang tadinya hidup pas-pasan jadi keluarga yang sejahtera

3. Rezeki Karena Bersyukur

( Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu)  (Q.S.14:7)

Sebagai contoh : Negara tetangga kita Brunei Darusalam baru-baru ini menerapkan syariat islam sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmatnya, maka mereka kini menemukan ladang gas baru kapasitas miliaran kubik.

4. Rezeki Tak Terduga

( Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya )
(QS. At Thalaq :2)

Sebagai contoh : Karena ketaqwaan penduduk Mekkah dan Madinah, siapa yang menyangka minyak dan gas bumi berada dibawah tanah Hijaz (Arab Saudi).

5. Rezeki Karena Istighfar
( Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta  ) (QS. 71 : 10-11)

Sebagai contoh : Kaum Nabi Yunus As , setelah mereka bertobat maka Allah karuniakan kemakmuran bagi mereka sampai 40 tahun, dalam riwayat lain mengatakan 80 tahun lamanya.

6. Rezeki Karena Menikah

( Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya). (QS. an-Nur : 32)

Sebagai contoh : Ketika masih lajang, Abdurrahman bin Auf r.a hanya seorang penjual tali, namun setelah menikah beliau menjadi pengusaha besar pemilik pasar Madinah.

7. Rezeki Karena Anak

( Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu). (QS. al-Isra 31)

Sebagai contoh : Nabi Yakub As saat mudanya hijrah dari rumahnya dan menjadi pengembala kambing, kemudian setelah menikah dan memiliki 12 anak, justru kambing-kambingnya juga makin bertambah banyak.

8.Rezeki Karena Sedekah

( Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak ). (QS. Al Baqarah 245)

Sebagai contoh : kedermawanan Utsman bin Affan r.a sampai saat ini masih ada warisannya dan tabungannya masih tersimpan di nomor rekening Bank syariah Arab Saudi

Itulah 8 Jalan rezeki yang di gambarkan dalam al-quran Oleh Allah Swt semoga informasi ini bermanfaat dan semakin yakin tidak ada lagi keraguan sedikitpun kepada allah Swt tidak perlu ada rasa iri dan dengki kepada siapun

Maksimalkan ikhtiar disertai doa dan harus selalu penuh rasa syukur atas apa yang kita dapatkan itu adalah karunia dan jalan terbaik untuk kita

Sumber dari  Persis.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!