Kamis , November 15 2018
4 Kunci Sukses Petani Thailand

4 Kunci Sukses Petani Thailand

4 Kunci Sukses Petani Thailand – Bukan bermaksud membanding-banding negara kita dengan negri gajah putih alias thailand, Tujuan saya menulis artikel ini dengan harapan semoga bermanfaat dan memacu semangat Para petani dan Pemerintah khusus nya dinas terkait untuk terus belajar dan bersinergi untuk mencapai kemakmuran di negara yang memiliki tanah subur ini

Pada saat negara kita pura-pura mengurusi pertanian, Negeri gajah putih sudah melesat menjadi negara agragris terdepan. Di saat negeri kita kekurangan padi dan harga pangan melonjak tinggi, Thailand justru mengekspor hasil pertanian ke luar negeri. Kita terkesima dengan semua produk agro berlabel Bangkok yang kita kenal sebagai komoditas super. Lalu Apa kunci sukses para petani thailand ?

Departemen Pertanian Thailand canangkan visi yang spektakuler dengan motto Thailand Kitchen of The World . Jargon yang mereka buat berbeda jauh dengan semboyan spanduk di negara kita tentang swasembada pangan, yang hanya menjadi hiasan pagar kantor dinas pertanian.

Visi Thailand Kitchen of The World merupakan konsep yang benar-benar serius dan dijalankan sampai di tingkat petani. Sistem penyuluhan dibenahi, sarana permodalan dan produksi, teknologi pertanian thailand) disediakan didukung penuh oleh pemerintahannya. Infrastruktur pertanian dibangun dengan kualitas prima.

Untuk menjangkau pasar internasional, petani Thailand harus melalui dua standar wajib, yaitu GMP (Good Manufacturing Practices) dan GAP (Good Agricultural Practices). Jika petani sudah menjalankan 2 standar di atas maka pemerintah yang akan membayar biaya sertifikasinya. Selain visi yang disebutkan di atas, pemerintah Thailand merumuskan isu pokok yang harus dipecahkan, yaitu:

1. Pertama Ekspor Padi

Pemerintah Thailand menempatkan ekspor padi untuk negara tetangga sebagai prioritas utamanya. Mereka beralasan bahwa negara tetangga harus aman dari krisis pangan agar stabilitas kawasan terjaga dan kondusif untuk pertumbuhan.

Maka Thailand menjamin negara-negara tetangga mendapat beras “Harga kawan” yang pasti lebih murah. Kondisi kawasan yang stabil akan memperlancar pemasaran produk pertanian yang lain seperti sayur dan buah. Ide yang cerdas. Saat ini Thailand termasuk negara pengekspor beras terbesar di dunia.

2. Penataan Wilayah Pertanian

Penataan wilayah (zoning) dilakukan untuk efektifitas pelayanan serta efisiensi biaya produksi dan distribusi. Di suatu wilayah pertanian didirikan pusat penelitian yang langsung bisa merespon kebutuhan para petani. Para petugas penyuluh pertanian di negara Thailand dilatih sesuai dengan ptoduk unggulan di wilayah tersebut agar bisa membantu para petani dengan cermat.

3. Tanaman Buah dan Sayur

Thailand berhasil menjadi eksportir babycom terbesar ke 2 di dunia. Mereka juga mengekspor asparagus. Durian Bangkok telah menyerbu kawasan benua Asia Sebut saja :

  • China ( Tiongkok )
  • Taiwan
  • Negeri sakura Jepang

Dan Indonesia menjadi negara paling banyak mengimpor durian bangkok. Selain produk segar, Thailand juga mengimpor buah kering dan sayuran dalam kaleng. Pertanian Thailand maju karena peran besar dan keseriusan pemerintahnya memperhatikan para petani nya.

4. Regulasi/Peraturan dan Kebijakan

Selain menyediakan banyak dukungan untuk penelitian, pelatihan, dan sarana produksi, pemerintah Thailand juga mengambil langkah kebijakan yang strategis. Thailand mempunyai Bank of Agriculture untuk menyalurkan modal bagi para petani nya.

Anggaran belanja negara dalam pembangunan infrastruktur banyak diarahkan untuk mendukung pengembangan pertanian. Pasar induk dibangun dan dikelola dengan profesional. Sementara pasar induk di negara kita masih bisa di bilang semerawut dan banyak mafia.

Di Thailand, kontrak antara petani dengan perusahaan dilakukan dengan mudah tanpa membebani petani, termasuk agunan. Perusahaan menjamin penyerapan produk nya dengan harga minimal dan apabila terjadi harga pasar diatas harga kontrak maka petani bebas menjual ke pihak lain. Bila petani mengalami gagal panen akan ditanggung oleh pemerintah nya

Semoga Bahasan mengenai 4 Kunci Sukses Petani Thailand bermanfaat dan mudah-midahan sedikit banyak  para petani dan pemerintah di negara kita bisa belajar dan bisa lebih maju di masa yang akan datang

Sumber artikel dari : http://www.infoagribisnis.com/2017/03/pertanian-thailand/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!