Jumat , April 27 2018
Waktu Tata Cara Mandi Sehat Ala Rasulullah Sehari hari

Waktu Tata Cara Mandi Sehat Ala Rasulullah Sehari hari

Waktu Tata Cara Mandi Sehat Ala Rasulullah Sehari hari – Jika jarang mandi  Penampilan seseorang bisa anda perhatikan akan nampak kusam serta gerak tubuhnya kurang begitu bergairah. Tetapi coba bandingkan dengan orang yang terlihat fresh itu sudah dipastikan rutin sehari hari nya mandi untuk membersihkan seluruh tubuhnya.

Tahukan anda selain seluruh anggota badan menjadi bersih pada dasarnya manusia perlu mandi dalam setiap harinya, agar badan dapat menjadi lebih segar dan pikiran menjadi fresh. Sehingga dapat berfikir dengan jernih dan semangat kembali akan memuncak untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Naah…!! Dalam hal membersihkan anggota tubuh Nabi muhammad Saw sudah memberikan contoh dan waktu berikut tata cara mandi sehari hari sampai adab bersama suami maupun istri yang sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan

Tata Cara mandi bisa sehat ala rasulullah  ( sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita ) yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw

  • Bermula dari segayung siram di telapak kaki.
  •  1 gayung di betis.
  • 1 gayung di paha.
  • 1 gayung di perut.
  • 1 gayung di bahu.
  • Berhentilah sejenak 5-10 detik sesaat.

Kita akan merasakan seperti uap atau angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang, kemudian setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa (cara tiap mandi kita sendiri).

Hikmahnya : Seperti pada gelas yang diisi air panas kemudian kita isi dengan air sejuk. Apa yang terjadi? Gelas akan retak !!! Jika pada tubuh kita maka apa yang terjadi ?

Suhu tubuh kita cenderung panas dan air itu sejuk, maka yang terjadi jika kita mandi langsung menyiram pada badan atau kepala, angin yang harusnya keluar jadi terperangkap atau boleh jadi penyebab kematian dikarenakan pecahnya pembuluh darah.

Maka sebab itu kita sering menjumpai orang jatuh di Kamar mandi tiba-tiba kena ‘stroke’. Boleh jadi kita sering masuk angin dikarenakan cara mandi kita yang salah. Boleh jadi kita sering migrain dikarenakan cara mandi yang salah. Cara mandi ini baik bagi semua tingkatan umur terutama yang sakit :

  • Diabetes
  • Darah tinggi
  • Kolesterol
  • Dan migrain/sakit kepala sebelah. Insya Allah Cara mandi sehat ala Rasulullah bermnfaat untuk kesehatan tubuh manusia

Sumber Dari : aktual.com  Fatawa Arkanul Islam, Kitab Shahih Bukhari, Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah

Waktu Berbahaya untuk Mandi ( Menurut Sumber Medis )

1.Hindari waktu mandi setelah shalat maghrib Hal itu karena pada sekitar jam 6 sore sampai jam 7 malam, kondisi jantung mulai melemah setelah aktivitas yang dilakukan seharian. sangat berbahaya yaitu tubuh rentan terkena penyakit paru-paru basah.

2.Hindari waktu mandi sesudah isya Sampai  jam 12 malam pada jam-jam ini, dimana pada waktu ini seharusnya tubuh sudah mulai untuk dikurangkan aktivitasnya dan memulai untuk beristirahat.

kondisi jantung tidak siap lagi untuk menerima siraman air, dimana penyakit sangat rentan menyerang tubuh karena mandi di jam-jam ini, seperti penyakit rematik.

Waktu yang tepat atau dianjurkan untuk mandi

Ketika bangun tidur sekitar jam 4 pagi atau subuh, menjadi waktu yang sangat baik untuk mandi. menurut penelitian pada waktu itu kondisi air mengandung ozon yang lebih tinggi, sehingga dengan kandungan ozon yang tinggi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Kemudian membuat tubuh menjadi lebih fresh Manfaat lainnya meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu anda agar menjadi awet muda. ini dibuktikan dengan adanya anjuran salah satu waktu untuk melalukan hubungan Seksual sebelum waktu subuh supaya kemudian mandi setelahnya.

1. Manfaat Mandi subuh 

Dari berbagai penelitiaan para ahli kesehatan melakukan mandi pada waktu sebelum subuh sudah di buktikan banyak sekali berbagai manfaat yang didapatkan, diantaranya :

  • Pada waktu fajar (shubuh) kandungan gas O3 sangat melimpah yang memberikan manfaat positif pada urat syaraf, mampu mengaktifkan kerja otak dan menjaga kesehatan tulang.
  • dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan.
  • Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak
  • aliran darah di dalam tubuh menjadi sangat baik, termasuk aliran ke kulit. Sehingga bermanfaat membuat kulit tampak lebih segar
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menurunkan resiko darah tinggi
  • Meningkatkan kesuburan
  • Meningkatkan sel darah putih
  • Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
  • Meredakan depresi
  • Meningkatkan suasana hati untuk aktivitas sehari-hari
  • Memperkuat kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Catatan : Untuk anda yang memiliki penyakit berat, maka yang disarankan adalah mandi dengan suhu air hangat.

Karena kondisi tubuh yang sedang tidak sehat , terutama demam, maka hindari mandi dalam kondisi udara dingin, karena dapat membuat penyakit diderita bertambah parah.

2. Manfaat Mandi setelah waktu shalat Ashar kira jam 16.00- 16:30 sore sampai sebelum maghrib)

Pada waktu ini menjadi saat mandi yang baik, bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Utamanya mandi sore ini, sangat dianjurkan bagi bayi dan anak-anak. Beberapa manfaat dari mandi sore hari yaitu:

  • Mencegah kotoran dan kuman menempel lebih lama di badan
  • Mencegah stress dan depresi
  • Menghilangkan bau badan tidak sedap yang disebabkan oleh keringat setelah seharian beraktivitas

Catatan :  Jangan mengguyur badan dengan air setelah baru saja langsung terkena paparan sinar matahari, karena sangat berbahaya, membuat panas tubuh terperangkap.

Waktu yang tepat, tunggu dahulu sekitar 10 menit sampai panas tubuh kembali stabil setelah setelah itu baru lakukan mandi sore hari.

Semoga bermanfaat tentang artikel Waktu Tata Cara Mandi Sehat Ala Rasulullah Sehari hari, Bagikan informasi ini kepada keluarga teman.

3 comments

  1. assalamu’alaikum kak..
    maaf kak mau tanya, artikel ini sumbernya dari mana kak? boleh minta literature/kitab yang membahas tentang ini?
    terima Kasih kak 🙂

  2. Kak… Mau nanya… Pada tata cara no. 1 dikatakan bahwa jangan mandi ba’da ashar. Tapi kok di bagian akhir artikel dikatakan manfaat mandi ba’da ashar. Yang bener yang mana? Mohon penjelasannya. Terimakasih

  3. Thanks infonya min, saya jadi tahu, mandi yang baik dan benar itu seperti apa. Tapi utamanya, kalau mandi jangan lupa buat berdoa ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!