Minggu , Juli 22 2018
Doa Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Tuntunan Mudah Di Pahami

Tata Cara & Doa Sholat Tahajud Lengkap

Tata Cara & Doa Sholat Tahajud Lengkap – Salah satu Shalat malam yang sangat di anjurkan dan berikut adalah  Cara Mengerjakan Shalat Sunah Tahajud yang sebenarnya tata cara  masih sama dengan cara mengerjakan sholat wajib  yang di awali dengan Bacaan niat Shalat dan diakhiri dengan Salam terdapat perbedaan bacaan hanya dalan pengucapan niat shalatnya saja.

Pengertian Shalat Sunah Tahajud sendiri adalah Shalat Sunah yg dikerjakan malam hari setelah bangun dari tidur dengan jumlah minimal 2 Rakaat, 4 Rakaat dan maksimal rakaatnya tidak terbatas dimana masing -masing pada Rakaat ke 2 di akhiri dengan satu Salam.

Waktu melaksanakan Sholat Sunah Tahajud dikerjakan hanya pada malam hari setelah Shalat isya sampai masuk waktu shalat subuh dan tata cara Sholat Tahajud sendiri dilakukan setelah anda tertidur atau bangun tidur.

Walaupun tidur anda tidak lama Sehingga jika anda mengerjakan Shalat Sunah Tahajud ini sebelum anda tidur terlebih dahulu maka Shalat tersebut hanya shalat sunah biasa (witir) bukan Shalat Sunah Tahajud.

Waktu Shalat Tahajud yang di anjurkan di lakukan di sepertiga malam kira-kira sekitar jam 01.00 pagi sampai waktu Subuh karena waktu tersebut merupakan waktu paling utama untuk melaksanakan Sholat Sunnah Tahajud ini. Keutamaan keajaiban jika ikhlas mengerjakan Shalat Tahajud ini sangat banyak antara lain

  • Alloh akan melindungi dari segala macam bencana atau bala
  • Aura wajah akan nampak bersinar
  • Dicintai  Alloh dan hamba Alloh
  • Mendapatkan pahala yang banyak
  • Akan diampuni segala dosadosanya
  • Di kabulkan segala hajat dan doanya
  • Kaya dan bahagia

Keutamaan Shalat Tahajud yang saya lampirkan diatas sudah di terangkan di dalam Firman Alloh Swt pada Surah Bani Israil ayat 79 yang artinya Hendaknya kamu gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat Sunat tahajud, sebagai shalat sunah untuk dirimu, mudah-mudahan Alloh akan membangkitkan engkau denga kedudukan yang lebih baik (S. Bani Israil, Ayat : 79)

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud 

  1. Berikut bacaan Niat Shalat Tahajud dalam Bahasa arab dan Latin lengkap artinya

bacaan niat sholat tahajud

USHOLLI SUNNATAT TAHAJJUDI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA  ( Aku Niat Shalat Sunah Tahajud dua raka’at karena Alloh Ta’ala )

  • Kemudian dilanjut dengan  Membaca Surat Al Fatihah dan Surah An-Nas pada Rakaat pertama kemudian Ruku, Itidal, Sujud selsai sujud
  • Dilanjutkan rakaat Kedua kembali membaca Surat Al Fatihah kemudian membaca Surah Al Falaq kemudian Ruku-Itidal-Sujud dan duduk di antara dua sujud sampai yg terakhir Salam.

Setelah Membaca  Al Fatihah tidak di wajibkan membaca Surat An Nas dan Al Falaq  anda boleh membaca Surat yang terdapat dalam al-quran lainnya yang anda hafal dengan pasih tetapi  kedua Surat tersebut mempunyai pengertian untuk memohon perlindungan kepada Alloh dari segala macam godaan setan yang terkutuk.

Doa Setelah Shalat Tahajud 

Selsai Mengerjakan Shalat Sunah Tahajud maka duduklah dengan khusyu sambil membaca bacaan Doa Sholat Tahajud bisa di awali dulu dengan  berdzikir seperti :

  • Beristighfar
  • Tasbih
  • Tahmid
  • Dan Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw

Bacaan istigfar dengan bahasa Arab Dan Latin ‘Doa sholat ahajud untuk memohon dan meminta ampunan dari allah ‘

( Astagfirulloh Hal adzim al’ladzi laaa ilaaha illa huwal hayyul Qoyyum wa’atuubi ilaih )

Bacaan Dzikir istighfar diatas sebaiknya dibacakan 100 kali dan bisa sebanyak yang anda mampu setelah itu bisa dilanjutkan dengan bertasbih untuk mengingat maha suci dan maha besar allah yang menggenggam hidup dan matinya kita yang kotor dan hina

doa shalat tahajud bertasbih

( Subhanalloh walhamdulilah walaaa ilaa ha illallohu walllohu Akbar )

Membaca Tasbih diatas bisa sebanyak yang anda mau kemudia di lanjutkan dengan Shalawat Nabi Muhammad Saw dibacakan sebanyak 32 kali bisa lebih sesuai anda bisa Bacaan Shalawat seperti ci bawah ini

Bacaan Doa shalat tahajud Shalawat Nabi Saw

( Allohumma Solli A’laa Sayyidinaa Muhammadin wa’alaa aali Sayyidinaa Muhammadin )

Perlu anda ingat bahwa keutamaan dari Berdzikir itu agar kita semakin mendekatkan diri kita kepada Sang pemilik langit dan bumi Alloh Swt  bacakanlah dengan niat ikhlas dan penuh ke khusyuan menyadari bahwa kita adalah mahluk lemah tiada daya dan upaya dan membutuhkan pertolongan dan ampunan. selesai Berzikir anda bisa langsung membaca Doa Sholat Tahajud dengan Bahasa arab dibawah ini hafallkan dan amalkan di rumah

doa sholat tahajud

Jika anda belum bisa membacadengan baik Doa Sholat Tahajud, dengan Bahasa arab saya lampirkan doa dengan bacaan bahasa Huruf latin dibawah ini

Allaahumma lakal hamdu anta qoyyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qouluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya : 

Wahai Allah Milik mu lah segala puji
Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-Mu lah segala puji  engkaulah penguasa ( raja ) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-mu lah segala puji -engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya.
Milik-mu lah segala puji – engkaulah yang hak ( benar ) janji-mu lah yang benar,pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-mu benar, surga itu benar ( ada ) neraka itu benar ( ada ) para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar  (ada )

Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum.

Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya daripada aku.

Engkaulah yang Maha terdahulu dan engkaulah yang haha terakhir. tidak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Apabila anda kesulitan untuk menghafal Doa Shalat Tahajud diatas anda bisa mengamalkan doa ini dengan menulisnya terlebih dahulu di secarik kertas.

kemudian anda bisa membacanya secara langsung dengan melihatnya jika dilakukan dengan istiqomah mengerjakannya anda akan hafal dengan sendirinya atau anda boleh melafalkan doa dengan bahasa anda sendiri karena allah maha tahu setiap lintasan hati dan pikiran anda

Semoga  tata cara Doa Sholat tahajud, ini bermanfaat  insa allah Sesuai Tuntunan dan mudah sekali untuk Pahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!