Selasa , April 24 2018

Profil Biodata Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel

Profil Biodata Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel – Belum lama ini Inspektur Jenderal Rycko Amelza Dahniel mendapat sorotan dari berbagai media nasional dengan adanya mutasi jabatan. Sesuai Surat Telegram Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian bernomor ST/1408/VI/2017, terhitung mulai 2 Juni 2017 terdapat pergantian untuk posisi jabatan Kepala Polda Sumatera Utara.

Dalam isi surat telegram tersebut, Rycko Amelza Dahniel selanjutnya akan menempati posisi sebagai Gubernur Akademi Kepolisian Lemdiklat Polri yang berkedudukan di semarang jawa Tengah. Padahal Rycko Amelza Dahniel menjabat sebagai kapolda sumut belum genap 1 tahun.

Rycko amelza dahniel dan aksi bela islam di medan sumatera utara

Pak Rycko mengucapkan terima kasih umat muslim Medan dan Sumatera Utara,” begitu ucapan Irjen Rycko Amelza Dahniel, jenderal bintang dua kepada massa aksi bela Islam di akun instagramnya Rycko @ryckoad.

Aksi bela Islam dilakukan di Medan pada tanggal 28 Desember 2016 yang lalu. Aksi itu dihadiri massa umat Islam di Sumatera Utara terkait penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI jakarta saat itu Pak Ahok. Serta di hadiri oleh imam Besar FPI Habib Rizieq shihab dari Jakarta langsung menuju Medan, untuk ikut ber orasi saat aksi Bela Islam di ibukota provinsi Sumatera utara tersebut.

Setelah ikut aksi Pak rycko mengatakan tetaplah berpegangan pada tali agama Allah, kata Rycko lagi di akun media sosialnya. Kapolda sumut pada saat mengikuti aksi bela islam tersebut banyak menuai pro dan kontra. Entah ada kaitannnya atau tidak dengan mutasi jabatan dari Kapolda Sumatera utara ke Lemdiklat Polri sebagian masyarakat menganggap pergantian jabatan tersebut karena Rycko Amelza Dahniel karena dekat dengan ulama.

Berikut Profil Biodata Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang gadang-gadang pantas menjabat Kapolri dimasa depan menggantikan atasannya Kapolri Jenderal Tito Karnavian :

  • Nama : Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si
  • Lahir : Bogor, Jawa Barat, tanggal 14 Agustus 1966
  • Agama : Islam
  • Istri : Ibu Ningrum
  • Penghargaan : Adhi Makayasa (1988)

Riwayat Pendidikan :

  • SD Negeri (1979)
  • SMP Negeri (1982)
  • SMA Negeri  Tahun 1985 di Cibinong, Bogor Jawa Barat
  • Setelah itu melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang jawa tengah dan menjadi lulusan terbaik dengan predikat Adhi Makayasa, kemudian dilantik oleh Presiden Soeharto waktu itu di istana Merdeka pada tanggal 23 Juli  tahun 1988.
  • Lulusan Magister (S2) Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia ( UI ) pada tahun 2001
  • Doktoral (S3) pada Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia pada tahun 2008 dengan predikat Cum Laude

Karier :

Penugasan pertama yang beliau jalani di Polres Metro Jakarta Pusat sebagai Kepala unit Kejahatan dengan Kekerasan, selanjutnya ditugaskan sebagai instruktur di Akademi Kepolisian Semarang.

Pada tahun 1993 ia mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan lulus dengan predikat terbaik, berikutnya kembali bertugas di Polres Metro Jakarta Pusat, kemudian Kasat Reserse Polres Jakarta Selatan, dan kemudian sebagai Wakasat Ekonomi Polda Metro Jaya.

Pada Tahun 2002 ia mengikuti pendidikan Sespimpol dan lulus dengan predikat terbaik untuk penulisan Naskah Strategis.

Pak Irjend Pol Rycko tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting diantaranya :

  1. Kapolres Jakarta Utara.
  2. Ajudan Presiden RI Ke 6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono
  3. Menjabat Kepala Lembaga Kerjasama Pendidikan Dit PPITK PTIK, lembaga yang menginduk pada Lemdikpol
  4. Wakapolda Jawa barat
  5. Ketua STIK kalau dulu dikenal sebagai PTIK

Penangkapan Teroris Dr. Azhari

Pak Rycko Amelza Dahniel salah satu perwira polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) yang berhasil melumpuhkan teroris Dr. Azahari dan kelompoknya di kota Batu, Malang, Jawa Timur, pada 9 November Pada tahun 2005

Kasus Menonjol yang Ditangani

  • Bom Bali II (2005)

Riwayat Jabatan :

  • Kapolres Sukabumi Kota
  • Kanit I Dit II/Eksus Bareskrim Polri
  • Kapolres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya
  • Ajudan Presiden RI Ke 6 Tahun 2009 sampai 2012
  • Kepala Lembaga Kerjasama Pendidikan Dit PPITK PTIK  tahun 2012 sampai dengan 2013
  • Wakapolda Jawa Barat Pada tahun 2013 sampai dengan 2014
  • Kepala STIK/PTIK ( Tahun 2014 sampai sekarang )
  • Kapolda Sumatera Utara ( tahun 2016)
  • Gubernur Akpol (2017)

Itulah informasi tentang Profil Biodata Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Sebagai informasi tambahan beliau pernah diberi gelar Mangaraja Uhum Nasakti dengan marga Nasution. Sementara istrinya Ibu Ningrum Rycko Amelza Dahniel mendapat gelar Namora Rumondang dengan marga Lubis.

Profil Biodata Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel 1

Pemberian gelar dan sekaligus penabalan marga itu dilakukan oleh Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui sidang adat Mandailing, di Tapian Siri Siri Syariah, Aek Godang, Panyabungan, Madina pada hari Jumat 23 november 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!