Jumat , April 27 2018
Niat Tata Cara Dan Doa Buka Puasa Senin Kamis Shahih

Niat Tata Cara Dan Doa Buka Puasa Senin Kamis Shahih

Niat Tata Cara Dan Doa buka puasa senin kamis Shahih  –  Sebelum menjalalan ibadah puasa sunnah yang menjadi kebiasaan rutin Nabi muhammand Saw Baiknya saya akan memberikan infromasi waktu sahur puasa senin kamis.

Berikut 5 poin penting yang sering ditanyakan terkait tata cara puasa senin kamis ditambah 1 motivasi untuk merutinkan amalan ibadah sunnah ini.

1. Yang Pertama, keutamaan puasa senin kamis Puasa senin kamis, termasuk puasa sunah yang menjadi kebiasaan Nabi Muhammad Saw istri Beliau  Siti Aisyaha RA menceritakan.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالخَمِيسِ

Nabi Muhammad Saw biasa melakukan puasa di hari senin dan kamis. (Hadist Riwayat. Turmudzi 745 dan dishahihkan Al-Albani )

2. Pertanyaan kedua, apakah niat puasa senin kamis harus dimulai sejak sebelum subuh? dan jawabannya terdapat dua pendapat ulama terkait niat posisi niat puasa sunah senin kamis, apakah wajib dilakukan sebelum subuh, ataukah boleh baru dihadirkan di siang hari.

Kebanyakan ulama  mazhab Hanafiyah, Syafiiyah maupun Hambali, berpendapat bahwa tidak disyaratkan, niat puasa sunah harus dihadirkan sebelum subuh.

Berdasarkan hadis Siti Aisyah R.A Beliau menceritakan,

Nabi Muhammad Saw pernah menemuiku pada suatu hari. kemudian beliau bertanya, Apakah kamu memiliki makanan?” Kami jawab, Tidak. Lalu beliau mengatakan, Jika demikian, saya puasa saja.

3. Pertanyaan ketiga, Bolehkah puasa senin saja atau puasa kamis saja ? Jawabannya berdasarkan hadis Siiti Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam merutinkan puasa hari senin dan hari kamis.

Lalu apakah ini satu kesatuan, dua ibadah puasa yang berbeda? Jawaban Para ulama menegaskan, puasa di dua hari ini bukan satu kesatuan. dalam arti orang boleh puasa senin saja atau kamis saja.

Karena tidak ada perintah dari Nabi Muhammad Saw bahwa dua hari itu harus dipasangkan, demikian pula tidak ada larangan dari beliau untuk puasa senin saja maupun hari kamis saja.

4. Pertanyaan yang ke empat Bolehkah niat puasa senin kamis digabungkan dengan puasa sunah lain ?  jawaban Para ulama membahas masalah ini dalam kajian at-Tasyrik bin Niyat menggabungkan niat.

Batasannya, apa ada amal yang statusnya laisa maqsudan li dzatih, tidak harus ada wujud khusus, artinya dia hanya berstatus sebagai wasilah atau bisa digabungkan dengan yang lain, maka niatnya bisa digabungkan dengan amal lain yang sama.

Menggabungkan beberapa niat ibadah dalam satu amal, dikenal para ulama dengan istilah at-Tasyrik. Hukumnya, jika amal itu terkait wasilah, atau bisa digabungkan, maka dia boleh digabungkan. Dan dia bisa mendapatkan dua ibadah. Baca Juga Cara Buka Aura Wajah Secara Islami

Sebagai contoh Seperti orang yang mandi junub pada hari jumat, untuk mandi sebelum berangkan Sholat jumat dan sekaligus untuk menghilangkan hadats besarnya, maka status hadats besar junubnya hilang, dan dia juga mendapatkan pahala mandi jumat.

Dengan memahami masalah ini, anda bisa menyatakan bahwa tidak ada masalah menggabungkan antara puasa senin kamis dengan puasa sunah yang lainnya.

Karena puasa senini kamis, dianjurkan karena posisinya di dua hari yang menjadi waktu dilaporkannya amal kepada Allah Swt (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 103240)

5. Kelima, Pahala tetap mengalir, sekalipun tidak puasa. Bagian ini untuk memotivasi kita semua agar istiqamah dalam menjalankan amal sunah.

Ketika anda memiliki kebiasaan amalan sunah tertentu, baik bentuknya shalat, puasa, maupun amal sunah lainnya yang sesuai yang di contohkan Nabi Muhammad Saw, dan anda tidak bisa melakukannya karena udzur sakit atau safar, maka anda akan tetap mendapatkan pahala dari rutinitas amal sunah yang anda kerjakan.

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Saw bersabda,

إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا

Jika seorang hamba itu sakit atau bepergian maka dicatat untuknya (pahala) sebagaimana (pahala) amalnya yang pernah dia lakukan ketika di rumah atau ketika sehat. (Hadis Riwayat. Bukhari 2996)

Dan itulah keistimewaan orang yang beriman. Pahala rutinitas amal baiknya diabadikan oleh Allah Swt.

Al Muhallab mengatakan . Hadis ini sesuai dengan apa yang ada dalam kita suciAl-Qur’an, Allah berfirman,

إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh mereka mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus (QS. At Tin:6) Maksudnya mereka (orang-orang yang beriman) mendapatkan pahala ketika mereka sudah tua dan lemah sesuai dengan amal yang dulu pernah mereka kerjakan ketika masih sehat, tanpa terputus.

Oleh karena itu setiap sakit yang menimpa, selain yang akut dan setiap kesulitan yang dialami ketika safar dan sebab lainnya, yang menghalangi seseorang untuk melakukan amal yang menjadi kebiasaannya

Maka Allah telah memberikan kemurahannya dengan tetap memberikan pahala kepada orang yang tidak bisa melakukan amal tersebut karena kondisi yang dialaminya. (Syarh Shaih Al Bukhari oleh Ibn Batthal, 3/146)

Itulah penjelasan 5 poin penting Sebelum melaksanakan amalan puasa sunnah ini anda sudah mengetahui terlebih dahulu tata cara puasa sunnah senin kamis. Berikutnya

Bacaan Niat puasa sunnah senin kamis

  • Bacaan Arab Niat Puasa Sunah untuk Hari Senin dalam Bahasa Arab dan Latin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

  • Teks Latin : Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi Ta’al ( artinya Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala )

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah untuk Hari kamis dalam Bahasa Arab dan Latin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

  • Teks Latin : Nawaitu sauma yaumal Khomiisi sunnatan lillahi Ta’al ( artinya Saya niat puasa hari kamis sunnah karena Allah ta’ala )

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Saat menjalankan ibadah puasa sunah senin kamis, saat berbuka puasa senin kamis baik membaca doa nya terlebih dahulu. dibawah ini adalah lafadz doa buka puasa senin kamis, dalam bahasa arab maupun latin serta terjemahannya :

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Teks Latin : Allaahumma laka shumtu wa ‘alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.

Arti doa puasa senin kamis, diatas  :

Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Itulah Bahasan doa niat puasa senin kamis dan doa berbuka puasanya sesuda hadis shahih, semoga penjelasan diatas bisa menjadi jalan menambah pengetahuan sesuai tuntunan Nabi Muhammad Saw.

Sumber : konsultasisyariah.com & blogkhususdoa.com

3 comments

  1. Niken Alia Cahyani

    dengan adanya situs ini,sangat membantu untuk menghafal doa puasa sunah

  2. mas maap ganggu, yang haditsnya bener shohih, tapi kok yang lafal niatnya ga ada dalilnya ya? bisa minta dalilnya mas?? makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!