Rabu , Agustus 22 2018
Niat Doa Sahur Puasa Ramadhan Yang Shahih Arab, Latin

Niat Doa Sahur Puasa Ramadhan Yang Shahih Arab, Latin

Niat Doa Sahur Puasa Ramadhan Yang Shahih Arab, Latin  –  Mungkin masing banyak di antara kita yang menganggap remeh masalah  niat dalam hal ini doa makan sahur. Padalah niat adalah hal awal yang jadi penentu bagi apa yang akan kita kerjakan.

Seperti dalam sabda Rasulullah Saw : Sesungguhnya semua amal itu (sah atau tidaknya) tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang orang tersebut niatkan.

Jadi betapa pentingnya niat dalam menjalankan suatu ibadah apalagi ketika melakukan ibadah wajib seperti Puasa pada bulan Ramadhan. Karena niat puasa Ramadhan adalah salah satu rukun puasa.

Waktu Niat Doa Puasa Ramadhan

Lafadz Bacaan niat doa puasa ramadhan dilakukan pada malam hari, biasanya setelah selesai melaksanakan shalat sunnah tarawih, tetapi apabila anda lupa maka bisa dilakukan setelah menyantap sahur sebelum masuk imsak tiba.

Berikut ini adalah Doa sahur tulisan arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Doa Sahur dengan tulisan latin : Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala.

Arti dari niat doa Sahur ramadhan diatas adalah : Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Taala. Baca Juga Keutamaan sholat Dzuha dan waktu pelaksanaan-Nya

Itulah bacaan lafadz niat puasa ramadhan dalam bahasa arab berikut tulisan latin serta artinya, kalimat yang tidak terlalu panjang saya yakin anda akan sangat mudah sekali untuk menghafalkannya.

Lalu Bagaimana penjelasan nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentang niat puasa Ramadhan; apakah kita harus berniat setiap hari selama menjalankan ibadah puasa atau tidak ?

Jawaban Rasulullah untuk pertanyaan diatas sebagai berikut :

كُلُّ مَنْ عَلِمَ أَنَّ غَدًا مِنْ رَمَضَانَ وَهُوَ يُرِيدُ صَوْمَهُ فَقَدْ نَوَى صَوْمَهُ سَوَاءٌ تَلَفَّظَ بِالنِّيَّةِ أَوْ لَمْ يَتَلَفَّظْ . وَهَذَا فِعْلُ عَامَّةِ الْمُسْلِمِينَ كُلُّهُمْ يَنْوِي الصِّيَامَ

Setiap orang yang tahu bahwa esok hari adalah Ramadhan dan dia ingin berpuasa, maka secara otomatis dia telah berniat berpuasa. Baik dia lafalkan niatnya maupun tidak ia ucapkan. Ini adalah perbuatan kaum muslimin secara umum : setiap muslim berniat untuk berpuasa. (Majmu’ Fatawa, 6:79)

Jadi setelah mengetahui keterangan dari Nabi Muhammad Saw diatas, dalam satu bulan penuh selama bulan ramadhan kita bisa niat puasa hanya sekali saja yaitu tepat pada awal bulan atau saat shalat tarawih atau pada saat makan sahur pertama. Dengan Catatan di niatkan sebelum masuk waktu fajar (subuh)

Demikian informasi bacaan/lafadz Niat Doa Sahur Puasa Ramadhan Yang Shahih Arab, Latin. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!