Makam Raden Kian Santang Kurang Nyaman Gara-gara ini

Makam Raden Kian Santang Kurang Nyaman Gara-gara ini

Makam Raden Kian Santang Kurang Nyaman Gara-gara ini – Panasaran sekaligus ingin berziarah ke makam godog yang sudah terkenal ke berbagai daerah yang berlokasi di lereng Gunung Karacak, tepatnya di Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

Makam ini dipercaya sebagai makam Prabu Kian Santang, anak dari Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. perjalanan yang cukup melelahlam walau menggunakan kendaraan roda dua supaya lebih cepat untuk menuju Makam raden kian santang ini.

Rute yang saya tempuh bersama salah satu orang yang sering mendatangi tempat wisata ziarah ini dari rumah kurang lebih sekitar satu jam perjalanan. Rumah orang tua saya berlokasi di kecamatan Pangatikan sedangkan alamat makam raden kian satang di  Godog, Karangpawitan.

Akses jalan Menuju Makam godog masih belum terlalu bagus dari jalan raya besar untuk sampai kelokasi makam raden kian santang sekitar 30 menit dengan kondisi jalan yang berbatu saya menemui banyak tanjakan dan turunan yang cukup curam.

Ketika sudah sampai di lokasi tujuan kendaraan saya titipkan ke salah satu rumah yang dengan ramah menyambut kedatangan kami dan  tidak jauh dari makam godog kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki banyak anak tangga yang cukup melelahkan.

O iya Sebelum sampai lokasi dijalan saya menemui Banyak “PLANG ” Bertuliskan KUNCEN Makan Godog yang intinya mereka menawarkan jasa seperti Guide Untuk memandu para peziarah yang ingin mengunjungi Makam raden kian Santang atau dikenal juga dengan sebutan Sunan Rohmat suci.

Ini Yang membuat Berziarah ke Makam Raden Kian Santang Kurang Nyaman

Setelah melawati banyak anak tangga  akhirnya saya bersama teman sampai di pintu masuk makam godog, saya menemui banyak sekali orang yang minta-minta ( Pengemis ) mulai anak-anak yang masih berusia kurang lebih sekitar 6 sampai 8 tahunan dan ada juga orang tua nenek & Kakek.

Sambil berjalan dari pintu masuk untuk menuju ke makam  raden kian santang yang cukup lumayan jauh juga saya terus di ikuti oleh anak-anak tadi yang terus memaksa meminta uang “ Dikasih satu orang Gerombolan nya nyerebu ” masih mending kalau ga pegang-pegang baju.

Belum lagi orang tua yang minta-minta yang jumlahnya cukup banyak juga sebagian dari mereka kalau di kasih senyum Kalau Ga di kasih ” Nyindir dengan kata-kata yang kurang enak di dengar Karena saya orang Sunda Jadi Mengerti apa yang mereka ucapkan “

Itulah pengalaman saya berziarah ke Godog Makam raden Kian santang ( Berziarah mengunjungi makam orang soleh yang telah berjasa menyebarkan Agama islam ) sehingga kakek nenek moyang dan orang tua saya yang tinggal di garut jadi mengenal allah yang kemungkinan besar dari jasa Prabu kian santang ( Syeh Sunan rohmat Suci ) Berdakwah.

Informasi Tambahan : Saat berziarah saya menemukan banyak Rumah penginapan disewakan dekat Makam Godog, yang di kelola oleh masyarakat sekitar khusus untuk para peziarah yang datang dari luar kota yang ingin menetap sementara untuk beberapa hari.

Dan kekecewaan saya sedikit terobati dengan suguhan pemandangan alam pegunungan yang indah dan masih terjaga dengan terdapat banyak pohon ukuran besar nan rindang menurut perkiraan saya sudah berumur lebih dari 50 tahun.

Rute : Untuk anda Para Peziarah dari luar kabupanten garut yang ingin berkunjung dari terminal Guntur Naik Angkutan Kota Warna Putih Merah No 12 Trayek Karangpawitan- Guntur Kemudian minta di berhentikan ke Sopir Di GAPURA yang mau menuju Makam Godog. Kemudian anda bisa menggunakan jasa Ojek dari gapura sampai ke lokasi.

Tips : Disarankan membawa uang recehan yang cukup banyak.

Alamat lengkap : lereng Gunung Karacak Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, Jawa Barat 44182

Semoga Bermanfaat…!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!