Minggu , Juli 22 2018
Legenda PusaKa & Kesaktian Prabu Siliwangi Raja Pajajaran

Legenda Pusaka & Kesaktian Prabu Siliwangi Raja Pajajaran

Legenda PusaKa & Kesaktian Prabu Siliwangi Raja Pajajaran – Cerita kesaktian Prabu Siliwangi memang selalu menarik untuk di ketahui. Pasalnya mana mungkin wilayah kekuasaan kerajaan yang beliau pimpin terkenal kalau rajanya tidak memiliki ilmu kanuragan yang mumpuni.

Apa ilmu kanuragan Prabu siliwangi yang sesungguhnya ? Sejarah Prabu Siliwangi memang menarik untuk ditelusuri. Terlebih karena didalamnya terdapat banyak kisah-kisah heroik yang masih menjadi misteri sampai saat kini, termasuk bagaimana legenda pertarungan sengit antara Prabu Siliwangi dan Raden Kian Santang keturunan nya sendiri .

Prabu Siliwangi dikenal sebagai salah satu Raja Pajajaran sebagaimana dituliskan dalam kitab Suwasit. Kitab yang menceritakan sejarah Kerajaan Padjajaran ini berisi tulisan tentang perjalanan Sejarah Prabu Siliwangi dimulai dari ayahnya, Prabu Anggararang Raja Kerajaan Gajah.

Sebelum menjadi raja pada masa kecilnya , Prabu Siliwangi diasuh dan didik oleh Ki Gedeng Sindangkasih, seorang juru pelabuhan Muara Jati di kerajaan Singapura ( Lokasi Saat ini namanya dikenal kota Cirebon) dan Prabu Siliwangi adalah keturunan ke 12 dari Maharaja Adimulia.

Setelah Prabu Anggararang merasa puteranya pantas memangku jabatan raja Gajah setelah kepeminpinannya, pada akhirnya kerajaan diserahkan kepada Pangeran Pamanah Rasa (sebelum bergelar Siliwangi ).

Ditanah tatar sunda Jawa Barat, siapa yang tidak mengenal nama Prabu Siliwangi Raja Pajajaran yang identik dengan ilmu kesaktian ajian Harimau Putih dikenal sebagai salah satu raja sakti yang pernah dimiliki oleh negeri Pasundan (Jawa Barat)

Dalam Kitab Suwasit, dikisahkan bahwa pangeran pamanah Rasa merupakan putra mahkota dari Prabu Anggararang penguasa Kerajaan Gajah untuk melanjutkan kepemimpinan ayahandanya tersebut sebagai Raja gajah berikutnya.

Di ceritakan tengah memimpin kerajaan gajah, Prabu Pamanah Rasa kerap mengembara ke sesuatu daerah. Di dalam salah satu pengembaraan nya, Prabu Pamanah Rasa dihadang oleh siluman Harimau Putih di hutan yang terletak di daerah sekarang majalengka.

Karena merasa terganggu satu sama lain pertarungan tidak dapat terhindarkan. Memaksa Kesaktian Prabu siliwangin dan Siluman Harimau Putih yang diketahui memiliki kesaktian tinggi juga bertarung sengit. Namun kesaktian prabu siliawangi berhasil menaklukan lawannya ini dan membuat siluman Harimau Putih tunduk kepadanya.

Dengan tunduknya siluman Harimau Putih setelah bertarung dan mengakui kesaktian Prabu Siliwangi maka semakin luas wilayah kekuasaan kerajaan Gajah. Selanjutnya mengubah nama kerajannya menjadi kerajaan Pajajaran. Yang artinya menjajarkan atau menggabungkan kerajaan Gajah dengan kerajaan Harimau Putih.

Siluman Harimau Putih yang sudah di taklukan beserta bala tentara pasukannya dengan setia mendampingi dan membantu Prabu Pamanah Rasa.

Salah satu pengabdian siluman macan putih disaat kerajaan Pajajaran menundukkan kerajaan Galuh. berikutnya Siluman Harimau Putih juga ikut andil membantu Prabu Pamanah rasa ( alias Prabu siliwangi ) saat kerajaan Pajajaran diserang oleh kerajaan Mongol. Baca Juga Cara Mendapatkan Ajian Macan Putih

Kapan Prabu Pamanah Rasa menggunakan nama populer nya menjadi Prabu Siliwangi ? Nama tersebut melekat setelah dia memutuskan untuk menjadi seorang muslim sebagai syarat menikahi Nyi Ratu Subanglarang yang merupakan murid dari Syaikh Quro.

Dari pernikahannya dengan nyi Ratu Subanglarang lahir seorang putra yang dinamakan Pangeran Kian Santang yang selanjutnya diberi gelar Pangeran Cakrabuana.

Dan Nyi Ratu Subanglarang juga melahirkan seorang putri yang diberi nama Rara Santang. Rara Santang kelak diketahui menjadi ibunda salah satu wali dari sembilan wali yang menyebarkan ajaran islam di pulau jawa Yaitu Syarif Hidayatullah atau biasa dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Pusaka Prabu siliwangi 

Seiring dengan meluasnya wilayah kerajaan Gajah, Prabu siliwangi kemudian membuat senjata sakti yang kini menjadi lambang propinsi Jawa Barat, yaitu Kujang. Pusaka ini juga menambah kesaktian Prabu Siliwangi.

Senjata kujang berbentuk melengkung dengan ukiran kepala harimau di gagangnya. Ukiran harimau di gagang Kujang tersebut konon sebagai pengingat akan jasa pendamping setianya yaitu siluman Harimau Putih.

Legenda kesaktian Prabu Siliwangi memang sudah dikenal sejak dahulu selain itu Raja Pajajaran ini sangat terkenal sebagai salah satu raja yang arip dan bijaksana dan mencintai rakyat nya.

Dimanakah Makam Prabu Siliwangi 

Sampai saat ini tidak diketahui secara pasti akhir hidupnya Karena Makam prabu siliwangi sampai saat belum di ketahui dimana letak pastinya. Banyak yang meyakini jika Prabu Siliwangi bersama siluman Harimau Putih menghilang ( Moksa ) dan memindahkan kerajaan Pajajaran ke alam Gaib.

Dan meneruskan kehidupan bersama pengikutnya setianya dan mendirikan kerajaan ghaib di Gunung Salak kawasan bogor jawa barat, gunung yang bernama asli Gunung Sapto Argo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!