Jumat , April 27 2018
Kisah Blusukan Pak Harto, Yang Di kenang Gubernur Jawa Barat Solihin GP

Kisah Blusukan Pak Harto, Yang Di kenang Gubernur Jawa Barat Solihin GP

Kisah Blusukan Pak Harto, Yang Di kenang Gubernur Jawa Barat Solihin GP – Ternyata istilah blusukan ini sudah dikenal sejak Presiden RI kedua Pak  Soeharto, sebelumnya yang saya tahu blusukan ini orang yang pertama memperkenalkan ke masyarakat indonesia adalah Presiden RI ke 7 Pak Joko Widodo.

Seperti yang saya baca dari beberapa sumber presiden kedua Indonesia Pak Soeharto sudah blusukan lebih dulu. Untuk memastikan hasil-hasil pembangunan di awal pemerintahan nya, Soeharto gemar blusukan ke daerah. Dia berkunjung ke pelosok-pelosok desa melihat dan berinteraksi langsung melihat kondisi dan menyapa rakyat Indonesia

Salah satu Kisah blusukan pak harto, yang di kenang oleh mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP adalah memiliki kesan dengan sosok mendiang Presiden Soeharto. Beliau juga memuji sikap dan perilaku Soeharto di awal-awal menjabat sebagai orang nomor satu di indonesia yang bersahaja.

Presiden Soeharto kerap melakukan incognito alias kunjungan mendadak dan penyamaran. Setiap kali melakukan kunjungan dadakan ke daerah-daerah, khususnya ke wilayah Jawa Barat, kata Solihin, Soeharto biasa makan apa saja dan tidak keberatan untuk tidur dimana saja.

Sebagai contoh suatu ketika Saat kemalaman di daerah Sukabumi Pak Soeharto tidak menolak ketika ditawari tidur di sebuah rumah makan ikan mas. Begitu juga  pada saat blusukan ke pedalaman Banten, pak harto tidak keberatan untuk tidur di rumah warga yang tak punya kamar mandi.

Cuma Pak Harto sempat bertanya kepada Pak Solihin, bagaimana cara mereka buang air besar ( BAB ) keesokan harinya. Cuma Beliau sempat tanya, ‘Lihin, besok kita nongkrong di mana? kata Solihin dalam sebuah wawancara khusus kepada detikcom.

Kata Nongkrong yang dimaksud oleh Pak Soeharto adalah buang air besar keesokan harinya. “Ya kita sama-sama ke sungai saja, Pak,  jawab Solihin kepada Pak Harto.

Jadi, kata Pak Solihin, pagi-pagi sekali Soeharto sudah menyelempangkan handuk di pundak. Begitu juga Solihin.

“Mereka berdua turun ke sungai untuk BAB ( Buang air besar), juga mandi. Presiden mana di Indonesia kayak begitu. Hebatlah…! ucap  Pak Solihin. Cerita tentang soeharto

Setiap kali melakukan sidak, kata Pak Solihin yang mendampingi Pak Soeharto hanya Sekretaris Militer Tjokropranolo, ajudan, dan 2 prajurit polisi militer. Mobil yang digunakannya adalah mobil Toyota Hi-Ace.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!