Jumat , April 27 2018
Khasiat & Manfaat Buah Pare Untuk Asam Urat, Darah Tinggi, Diabetes

Khasiat & Manfaat Buah Pare Untuk Asam Urat, Darah Tinggi, Diabetes

Khasiat & Manfaat Buah Pare Untuk Asam Urat, Darah Tinggi, Diabetes – Berawal dari rasa penasaran ingin mengetahui kenapa tumbuhan merambat ini masih banyak yang suka mengkonsumsinya walaupun rasanya tidak enak dan pahit.

Hampir tidak ada yang tidak kenal dengan sayuran yang tumbuh merambat ini, pare atau peria. Dengan rasa khas pahitnya, saya yakin tidak banyak orang menyukai termasuk saya padahal jika sudah tahu Manfaat buat pare untuk kesehatan anda akan menjadi suka.

Pare banyak ditemukan tumbuh subur di berbagai negara termasuk Indonesia. Pare banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan dan banyak di jual pasar maupun swalayan sebagai bahan sayuran.

Perlu anda tahu Buah pare yang selama ini mungkin kita abaikan ini mengandung zat albuminoid, karbohidrat, dan pigmen. Daunnya mengandung momordisina, momordina, carantina, resin, dan minyak.

Sedangkan akarnya tumbuhan pare ini mengandung asam momordial dan asam oleanolat, sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Berikut ini adalah Khasiat & Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan 

Di balik rasanya yang sangat pahit. Sampai saat ini, pare masih cukup ampuh digunakan untuk mencegah dan menangani berbagai masalah kesehatan.

1. Khasiat Pare Untuk diabetes Pare sangat baik dikonsumsi penderita penyakit diabetes. Ini sudah dilakukan nenek moyang kita sudah sejak jama. Pare memiliki kandungan insulin yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan air seni sehingga baik digunakan untuk mengobati penderita diabetes atau kencing manis.

2. Manfaat buat Pare untuk kesehatan mencegah pertumbuhan sel kanker – Untuk mengobati penyakit mematikan ini. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah pare karena mengandung zat lesichin yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Manfaat jus Pare mentah, untuk membersihkan darah–  dengan Mengkonsumsi pare secara rutin bisa membantu membersihkan darah dalam tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit kulit yang disebabkan darah dalam tubuh anda kotor seperti :

  • Jerawat
  • Bisul dan lainnya
  • Cara mengkonsumsi paling mudah adalah dengan dibuat jus untuk diminum pagi dan malam sebelum tidur secara rutin.

4. Khasiat pare untuk melancarkan sistem pencernaan– Kandungan dalam pare terdapat vitamin C, kalium, karoten dan juga serat yang berkhasiat melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi berbagai masalah lain pada pencernaan. Caranya cukup dengan di olah dengan menambahkan pare pada menu masakan.

5. Manfaat Buah Pare untuk menurunkan berat badan – Pare memiliki kalori yang rendah. Dalam satu cangkir pare hanya terdapat 16 kalori. Karenanya Baik dikonsumsi yang sedang menjalani program diet. Pare dapat membantu makan cepat kenyang dan tahan lama sehingga nafsu makan dapat terkontrol.

6. Buah Pare Daunnya Bisa Mengobati sakit malaria dan demam –  Caranya Ambil daun pare 3 lembar, cuci bersih dan ditumbuk hingga halus. kemdian tambahkan garam dan air hangat lalu peras dan memakai saring. Minum air perasan daun pare ini 2x dalam sehari  cukup setengah gelas. mengobati demam dan malaria denga duan pare ini sering digunakan orang tua zaman dulu.

7. Manfaat buah Pare untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung – Dengan rutin mengkonsumsi pare dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung karena pare mampu melawan kolestrol jahat dalam darah yang menghambat saluran arteri pada jantung anda.

8. Manfaat buah pare untuk darah tinggi – Untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi harus benar-benar memperhatikan pola makanan setiap harinya .salah satu yang harus sering adalah di konsumsi adalah Buah pare bisa diolah dengan resep sayur pare maupun di kukus dan di buat lalapan.

9. Manfaat Buh pare untuk memerangi Penyakit HIV / AIDS – Hasil penelitian yang pernah dilakukan Profesor Lee Huang dari New York University Amerika. Beliau mengungkapkan bahwa terdapat sebuah zat pada buah pare yang disebut momordica antiviral protein 30 (MAP 30), alpha momorchorin, serta beta momorchorin. zat yang terdapat dalam buah pare ini diketahui sangat berguna memerangi penyebaran virus HIV/AIDS di dalam tubuh manusia.

10. Manfaat buah pare untuk kesehatan, mengatasi penyakit asma – Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi pare akan merespon indera pengecapan dan merangsang saluran pernapasan untuk aktif. Saluran pernapasan menjadi terbuka lebih lebar menyebabkan oksigen masuk secara kuat.

11. Manfaat buah pare untuk asam urat  Biasanya bagian pare yang digunakan adalah bijinya saja, tapi lebih baik mengkonsumsi semua bagian dari tanaman pare ini. Cara mengolahnya :

  • Belah buah pare mentah yang masih hijau segar.
  • Buang saja bijinya.
  • Cuci bersih daging pare nya.
  • kemudian Potong-potong daging buah pare
  • Rebus dengan 2 gelas air.
  • Tunggu sampai air rebusan tersisa kira-kira 1 rebus.
  • Dinginkan kemudian saring.
  • Dan siap di minum air rebusan nya.
  • Cara seperti itu merupakan cara yang efektif untuk mengatasi penyakit asam urat dengan buah pare.

Masakan resep sayur pare 

Banyak cara untuk mengkonsumsi buah pare ini dengan banyak khasiat & manfaatnya  jika rutin di komsumsi. Disini saya akan sedikit berbagi resep sayur pare tumis pedas, kesukaan saya.

Bahan-bahan Resep Sayur pare

  • Siapkan 1/2 kilo gram pare, iris lalu remas dengan garam
  • Kasih secukupnya teri medan, rendam dulu untuk mengurangi asin
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 20 biji cabe rawit merah
  • Secukupnya gula & garam
  • Air 1/4 gelas ( Atau secukupknya )

Cara mengolah Resep sayur pare – Iris semua bumbu lalu tumis S wangi dan benar-benar matang, kemudian tambahkan teri medan

Masukkan air lalu tambahkan pare, aduk  sampai rata kemudian tambahkan gula dan garam, masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan

Efek samping pare untuk kesehatan

Selain bermanfaat buah pare juga memiliki efek samping seperti ibu hamil dan yang sendang menyusui tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi pare.

SEBAB senyawa atau bahan kimia alami yang terdapat pada pare dapat memulai menstruasi serta menyebabkan keguguran, untuk keamanan, ibu hamil dan menyususi dilarang mengkonsumsi Buah pare ini.

Hati-hati dalam mengkonsumsi pare Karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah hingga sangat rendah, jadi anda baiknya selalu memonitor kadar gula dalam darah anda sendiri.

Dan Untuk anda yang sudah atau sedang menjalani operasi bedah juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah pare sampai 2 minggu.  Epek samping mengkonsumsi buah pare dapat mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

Demikianlah informasi Khasiat & Manfaat Buah Pare untuk kesehatan mengatasi berbagai penyakit seperti asam Urat, Darah Tinggi, Diabetes, resep sayur pare sampai efek sampingnya.

Semoga Bermanfaat…!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!