Jumat , September 21 2018
Jembatan Cihambulu Penganti Jembatan Mak Uwok Yang Syarat Sejarah

Jembatan Cihambulu Penganti Jembatan Mak Uwok Yang Syarat Sejarah

Jembatan Cihambulu Penganti Jembatan Mak Uwok Yang Syarat Sejarah – Bupati Purwakarta kang Dedi Mulyani dikenal sebagai seorang pecinta seni dan budaya di daerah asal nya suku sunda, Salah satu yang menjadi perhatian beliau adalah Jembatan legendaris Mak Uwok  yang menghubungkan masyarakat Cijunti Purwakarta dan masyarakat di Kabupaten Subang.

Untuk warga Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta dan Desa Bale Bandung Jaya, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang jawa barat Jembatan Mak Uwo merupakan segalanya. Selama bertahun tahun warga bergantung pada jembatan yang di bangun dan dibuat dari anyaman bambu, kayu, dan kabel baja

Keberadaan nya sangat vital karena menjadi akses untuk penyebrangan warga untuk ke 2 wilayah dan berfungsi sebagai jalur perekonomian antar wilayah  Meski sangat terbatas karena hanya bisa dilalui kendaraan roda 2 saja.

Sejarah Jembatan Legendaris Mak Uwok

Nama  Jembatan Mak Uwok’ sendiri diambil dari tokoh nama orang yang tinggal di lingkungan masyarakat desa setempat yang membangun jembatan itu. Selama puluhan tahun jembatan tersebut dikelola dan dirawat oleh keluarga ‘Mak Uwok’. Sehingga wajar saja jembatan itu  keberadaannya masih ada sampai sekarang.

Pembangunan Baru Jembatan Cihambulu

Jembatan Mak Uwo kini tak lagi menjadi satu satunya akses warga sekitar. karena, Pemerintah kabupaten Purwakarta selesai membangun akses baru. JembatanCihambulu dengan lebar 9 meter kini menjadi penyambung kedua wilayah perbatasan Purwarkarta dan Kabupaten subang

Pembangunan jembatan baru oleh Kang Dedi Mulyadi ini tanpa menghilangkan sejarah panjang Jembatan Mak Uwok Jembatan Cihambulu dapat dilalui oleh seluruh jenis kendaraan yang lalu lalang antara Purwakarta – Subang.

Geliat mobilitas ekonomi kedua daerah kini mulai nampak, aktifitas warga berjalan dengan lancar, nilai tambah wilayah sekitar Jembatan Cihambulu kini terus meningkat.

Bahkan, rencananya jembatan ‘Mak Uwok ini akan dijadikan situs bersejarah di kabupaten Purwakarta. Rencana kedepan Nantinya, juga akan dibangun sebuah museum ‘Mak Uwo yang bisa menjadi sarana wisata edukasi bagi para pelajar disamping hiburan untuk masyarakat umum

Sumber Foto : Elshinta & Eljabar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!