Jumat , April 27 2018
Harga Kayu Cendana Asli & Pohon nya Memiliki Ciri Khas

Harga Kayu Cendana Asli & Jual Bibit Pohon nya Memiliki Ciri Khas Yaitu

Harga Kayu Cendana Asli & Jual Bibit Pohon nya Memiliki Ciri Khas Yaitu – Cendana atau sering juga disebut cendana wangi adalah pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana, gambar pohon cendana seperti nampak pada foto yang saya upload.

Di indonesia jenis kayu memiliki ciri khas yang wangi juga dikenal dengan berbagai macam nama, sesuai bahasa masing-masing daerah nya antara lain:

  • Candana ( Tanah minang )
  • Tindana, Sindana ( Dayak )
  • Candana ( Tanah Sunda)
  • Candana, Candani (Jawa)
  • Candhana lakek ( Pulau Madura )
  • Candana (BeIitung)
  • Ai nitu, Dana ( Pulau Sumbawa)
  • Kayu ata ( Pulau FIores )
  • Sundana (Sangir)
  • Sondana (Sulawesi Utara)
  • Ayu luhi ( Provinsi Gorontalo)
  • Candana ( Makasar )
  • Ai nituk ( Roti )
  • Hau meni, Ai kamelin ( Timor )
  • Kamenir ( Wetar )
  • Serta Maoni ( Kisar )

Pohon cendana merupakan tumbuhan khas dari provinsi yang tersebar setidaknya di tiga daerah yakni di Jawa timur, Flores dan Nusa Tenggara Timur. Namun dari ketiga daerah tersebut, Nusa Tenggara Timurlah yang lebih dikenal sebagai tempat atau daerah yang paling banyak penghasil kayu cendana ini, sampai-sampai salah satu pulau di daerah NTT  mendapatkan nama julukan Sandalwood island ( pulau cendana )

Asal Mula Pohon Cendana 

Pada awal kehidupannya, Pohon cendana ini adalah parasit. Untuk proses pengecambahannya Cendana membutuhkan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya.

Ini karena sistem perakaran pohon Cendana tidak mampu untuk mendukung kehidupannya sendiri. Hal inilah yang membuat jenis ini sulit untuk dibudidayakan oleh para petani.

Tanaman yang biasanya dijadikan inang untuk pertumbuhan pohon cendana antara lain Akasia, Albasia, Dalbergia, Inga, Pongamia dan Alang-alang.

Untuk mengenal lebih jauh inilah Ciri-ciri Pohon Cendana asli

  1. Pohon dapat tumbuh di dataran dengan ketinggian hingga 1.500 meter DPL ( diatas permukaan laut )
  2. Daunnya berhadap-hadapan berbentuk elips hingga lanset ( bulat telur ) dengan 2 ujungnya lancip
  3. Dahan-dahan primer jenis ini sangat tidak beraturan, kerap bengkok dan memiliki banyak ranting. Dahan bagian bawahnya cenderung tumbuh menggantung
  4. Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 11 sampai 15 meter, dengan diameter batang 25  sampai 30 cm.
  5. Warna kayu : Pada umumnya kayu cendana berwarna kuning belerang, namun ada juga yang berwarna coklat tua
  6. Tekstur kayu cendana sangat halus
  7. Arah serat: Ada yang lurus, bergelombang dan ada juga yang perpaduan
  8. Bobot : Sedang berat jenis rata-ratanya sebesar 0,84)
  9. Keawetan : tergelong sedang ( kelas awet II )
  10. Kekuatan: tergolong sedang hingga baik ( kelas kuat II-I )
  11. Kembang susut kayu: kemungkinan susut kayu cendana adalah kecil hingga sedang
  12. Daya retak kayu : rendah sampai sedang
  13. Tingkat kekerasan kayu termasuk sedang hingga keras
  14. Terdapat 2 Jenis Pohon Cendana yaitu Cendana Merah dan Cendana Putih

Pemanfaatan dari Kayu Cendana

Wangi khas Cendana berasal dari kayunya. Maka tidak heran kayu cendana sering digunakanbanyak orang untuk rempah-rempah, bahan pembuatan dupa, aromaterapi, campuran pembuatan parfum, serta warangka keris.

Jual Kayu Cendana juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, furniture, kriya atau kerajinan tangan, karya seni, sampai tasbih serta bahan terapi pengobatan herbal.

Manfaat Tasbih Kayu Cendana

Manfaat tasbih yang berbahan dari kayu cendana dipercaya memiliki khasiat tertentu sejak zaman dulu makan tidak heran bila Tasbih Cendana atau gelang cendana banyak diminati karena meyakini dengan menggunakan Tasbih kayu Cendana akan membuat dzikir semakin khusyu, saat menghadap dan mengingat allah saat berdzikir.

Penelitian secara medis, membuktikan khasiat atau manfaat kayu cendana bisa menghilangkan masalah-masalah dalam fikiran, seperti :

  • Rasa cemas dan gelisah
  • Bimbang, trauma otak serta
  • Mampu menenangkan fikiran.

Kayu Cendana juga memancarkan cahaya dengan frekwensi sangat tinggi serta gelombang molekul ion, yang Konon bila disertai dengan do’a,dzikir,wirid, dari kepercayaan agaman apapun atau keilmuan apapun maka frekwensi yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan dapat membangkitkan aura. Energi yang terdapat pada kayu cendana sangat halus.

Harga Kayu Cendana Asli

Kayu cendana mempunya harga yang berbeda-beda di karenakan tergantung kelas kelasnya untuk harga kayu cendana wangi biasa kisaran Rp 100.000 sampai Rp 300.000 sementara untuk harga kayu cendana super,bisa menyentuh angka Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 per kilo gram.

Jual bibit pohon cendana

Pohon cendana memiliki ciri khas yaitu jika Kayu nya kualitasnya bagus biasanya dapat menyimpan aromanya selama berabad-abad lamanya. Kayu cendana wangi ( Santalum album ) kini cukup langka dan harganya pun sangat mahal.

Untuk anda yang berminat membudidayakan jenis pohon cendana bisa meminta informasi  harga biji sampai cara pembibitan bisa menghubungi nomor telepon dan alamat di bawah ini :

  • WhatsApp 0813 3559 5272
  • PIN D754FADC
  • Alamat Ds Pehkulon, Kec Papar, Kab Kediri, Jawa Timur 64153 Indonesia

Itulah Bahasan tentang Harga Kayu Cendana Asli & Jual Bibit Pohon nya Memiliki Ciri Khas, semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Sumber Foto : Nomor 3 ( tumbuhanbali.blogspot.co.id )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!