Selasa , April 24 2018
ketika ibu hamil suka mengkonsumsi es teh, es jeruk, ice Cream dan minuman dingin lain yang mengandung gula

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Berikut Penjelasan Medisnya

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Berikut Penjelasannya Medisnya –  Ada pertanyaan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es banyak orang mengingatkan kepada ibu hamil untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi es.  meyakini bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi banyak es. karena tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. apalagi es yang disertai dengan kandungan glukosa yang tinggi bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi kehamilan bagi ibu hamil.

Alasan es Berbahaya Bagi Ibu Hamil  ini penjelasan berbagai dampak bahaya yang bisa menjangkiti ibu hamil ketika mengkonsumsi es berdasarkan ilmu medis :

1. Mudah Lelah – Penyebabnya karena air es bisa menghambat penyerapan gizi ibu hamil, yakni asupan karbohidrat yang dikonsumsi  jika ibu hamil kekurangan energi mengakibatkan ibu hamil akan mudah cepat lelah dan kurang tenaga.

2. Menggemukkan Badan – Efeknya Ibu hamil bisa memiliki badan yang gemuk jika terlalu banyak mengkonsumsi es.  air es yang diminum oleh ibu hamil terutama setelah mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lama. lemak tidak bisa dibakar secara maksimal jika terlalu banyak mengkonsumsi air es Ibu hamil yang terlalu gemuk bisa menghambat proses persalinan.

Biasanya petugas medis akan memeriksa berat badan ibu hamil apabila peningkatan berat badan ibu hamil lebih dari 15 kilo gram ibu hamil disarankan untuk diet agar tidak mengalami masalah dengan kesehatan dan kehamilannya.

3. Berat Badan Bayi Berlebihan – Berat badan normal bayi sekitar 2,5 kg sampai dengan 3 kg jika Lebih dari berat itu bisa dikatakan bahwa bayi memiliki berat badan yang berlebihan. Bayi yang berukuran besar di dalam rahim kurang baik untuk ibu hamil. karena bayi nya akan sulit untuk dilahirkan dengan kelahiran secara normal.

Penyebabnya adalah jika ibu hamil minum air es yang sudah dicampurkan dengan glukosa bisa membuat bayi memiliki berat badan lebih dari yang seharusnya berat normal  karena kandungan glukosa yang tinggi.

4. Diabetes – efek bahaya air es bagi ibu hamil bisa terkena diabetes jika terlalu banyak mengkonsumsinya . Jika ibu hamil terkena diabetes, janin yang ada di dalam kandungannya bisa terkena dampaknya. Fakta menunjukkan bahwa ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes akan melahirkan bayi dengan berat badan yang berlebihan Diabetes juga membuat asupan gula ke janin yang ada di dalam kandungan bertambah , akibatnya bayi akan memiliki berat badan berlebih

5. Masuk Angin – Ibu hamil yang terlalu banyak minum es, bisa dengan mudah terkena masuk angin. Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengalami masuk angin. karena masuk angin bisa membuat kondisi ibu hamil semakin  drop, apalagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi es di saat tubuh ibu hamil meningkat bisa menyebabkan perubahan suhu secara mendadak di dalam tubuh ibu hamil. Suhu dari panas menjadi dingin dan hal  seperti itu bisa menyebabkan ibu hamil akan mengalami masuk angin.

6. Haus berlebihan – Minum air es sebenarnya bersifat kamuflase saja. Sebab saat ibu hamil mengkonsumsi air es, justru akan merasakan haus yang berlebihan sehingga ibu hamil ingin terus minum air es  ( Ketagihan ). Ketika air es banyak dikonsumsi oleh ibu hamil akibatnya adalah tubuh akan mengalami ketidak seimbangan. penjelasannya adalah air dingin yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil akan membuat ibu hamil tersebut mengalami kekurangan cairan dengan cepat ( dehidrasi )

Dehidrasi tidak baik bagi ibu hamil, sebab ibu hamil yang kekurangan cairan bisa menimbulkan berkurangnya asupan oksigen di dalam tubuh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

7. Perut Kembung – Air es yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan membuat tubuh ibu hamil menyesuaikan atau justru malah sebaliknya. Air es itu seharusnya juga menyesuaikan dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Misalnya saja jika ibu hamil mengkonsumsi nasi hangat, seharusnya ibu hamil mengkonsumsi minuman yang hangat. Jika ibu hamil mengkonsumsi air es akibatnya adalah irama kerja yang ada di dalam organ perut menjadi berubah.

Selaput berisi lendir yang terdapat di dalam tubuh menimbulkan kontraksi, otot perut pun akan menjadi kram atau kejang. Enzim yang ada di lambung akan bereaksi dengan perubahan suhu tersebut, timbullah gas di dalam perut yang bisa menyebabkan ibu hamil menjadi kembung.

8. Mengakibatkan usus sempit – Minum air es dingin saat hamil menyebabkan ibu hamil akan mengalami pengerutan dinding usus. Tidak hanya ibu hamil saja yang bisa mengalami hal tersebut namun orang lain yang tidak hamil pun bisa mengalami pengerutan dinding usus tersebut. Penyebabnya adalah air es yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan penghancuran dan proses penyerapan makanan di dalam usus menjadi kurang bekerja dengan baik sebagaimana mestinya .

Suhu di dalam air es bisa membuat partikel di dalam makanan khususnya makanan  berminyak menjadi beku. Pembekuan minyak di saluran usus itulah yang menyebabkan penyempitan saluran pencernaan.

9. Gangguan pencernaan – Ibu hamil yang mengalami penyempitan usus dan penyempitan saluran pencernaan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Jika pencernaan terganggu ibu hamil akan mengalami gangguan penyerapan gizi .saat hal tersebut terjadi, janin di dalam kandungan akan kekurangan nutrisi.

Kekurangan nutrisi sangat tidak baik bagi janin karena janin bisa terkena gizi buruk, mal nutrisi, berat badan rendah dan masih banyak lagi  dampak lainnya.

10. Pencernaan Lambat – Ibu hamil yang terlalu banyak minum air es bisa menimbulkan efek negatif pada pencernaan akan mengalami ketidak nyamanan dan juga gangguan keseimbangan Penyakit yang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan tersebut adalah pencernaan yang lambat.

11. Akan Mengalami kepala Pusing – Bahaya air es bagi ibu hamil jika sering meminum nya mengandung glukosa akan menyebabkan rasa pusing. menyebabkan metabolisme di dalam tubuh terganggu, sistem syaraf pun tidak siap menerima perubahan suhu yang mendadak dalam waktu yang cepat.

Organ yang membutuhkan oksigen menjadi berkurang asupannya akibat perubahan suhu yang berubah secara mendadak. Otak  tidak mampu beradaptasi secara cepat dengan perubahan suhu tersebut, akibatnya kepala terasa pusing dan aliran darah ke otak menjadi berkurang.

12. Otak Membeku – Ibu hamil tidak boleh menyepelekan bahaya yang satu ini. Ibu hamil yang sering meminum air es bisa membuat fungsi fisiologis ibu hamil  menjadi terganggu. Saat minum air es, ibu hamil akan mengalami peningkatan aliran darah menuju ke otak. Hal itulah yang menyebabkan ibu hamil mengalami migrain dan juga pembekuan otak.

Tidak sedikit ibu hamil yang tidak mengindahkan larangan untuk mengkonsumsi es Hal tersebut wajar, mengingat ibu hamil memiliki suhu tubuh yang panas dan mudah keluar keringat. karena alasan itulah yang membuat ibu hamil ingin selalu menginginkan makanan dan minuman yang bisa menyegarkan.

Minuman dingin memang bisa menyegarkan tubuh ibu hamil tetapi ibu yang sedang mengandung tidak boleh meminumnya secara berlebihan. Tetapi Jika ibu hamil hanya mengkonsumsi air tanpa gula dengan es batu itu tidak akan menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah ketika ibu hamil suka mengkonsumsi es teh, es jeruk, ice Cream dan minuman dingin lain yang mengandung gula . Kombinasi gula dan es tersebut yang bisa menimbulkan dampak negatif di dalam tubuh ibu hamil.

Jadi Bolehkah Ibu Hamil Minum Es ? Boleh tapi tanpa ada kandungan Gula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!