Rabu , Agustus 22 2018

Awal Mula Sejarah Dominasi Jasa Pangkas Rambut Asal Garut

Awal Mula Sejarah Dominasi Jasa Pangkas Rambut Asal Garut  – Anda mungkin sering menjumpai jasa pangkas rambut di berbagai tempat Tahu  kah anda bahwa hampir kebanyakan jasa yang membuka usaha ini ini adalah orang garut jawa barat

Sejarah Dominasi Orang Garut di Bisnis jasa Pangkas Rambut

Tukang cukur rambut memiliki perjalanan panjang dalam sejarah di indonesia. Tidak semata ekonomi, melainkan juga urusan sosial politik khususnya bagi warga Garut yang dikenal banyak menggeluti usaha ini. Untuk membuktikannya anda bisa iseng-iseng mencoba bertanya kepada tempat usaha yang anda jumpai/atau kepada tukang cukur rambut langganan anda hampir dipastikan jawabannya adalah asal Garut “ASGAR “.

Menurut salah satu sumber data terakhir yang dimiliki Paguyubuan Warga asal Garut di Jakarta dan kota lainnya  A.K.A Asgar Jaya menunjukan sedikitnya terdapat 15000 pekerja atau pengusaha bidang cukur rambut yang kini menetap di ibu kota.

Kemudian apa sebenarnya yang membuat kota garut ini begitu produktif menghasilkan pemangkas rambut? Dan bagaiamana mereka bisa mendominasi usaha potong rambut ini ? Untuk menjawabnya kita perlu melihat kebelakang bagaimana sejarah panjang tukang cukur rambut di indonesia.

Bertahan hidup dengan gunting & pisau cukur Dominasi Asgar ( panggilan tukang cukur garut asli Garut) menurut salah satu sumber dimulai sejak tahun 1940-an. tidak ada keterangan jelas bagaimana warga Garut mempelajari tehnik  seni memotong rambut pria. Namun yang pasti penyebarannya ke berbagai daerah ini bukan karena faktor ekonomi semata.

Penuturan Salah satu budayawan asal kota Garut, Dede Saefudin menerangkan penyebab terjadinya  penyebaran warga  asal Garut juga disebabkan oleh pemberontakan DI/TII ( Kalau Kata Orang Garut Mah Gorombolan ) kepada pemerintahan saat itu yang sejarah nya terjadi dalam kurun waktu anatara 1949-1950. Pemberontakan yang terjadi kala itu mengancam keselamatan banyak masyarakat Garut, terutama laki-laki.

Kejadian tersebut memaksa mereka mengungsi dari kampung halamanya untuk menyelamatkan diri ke daerah lain . Di perantauan, kebanyakan dari pengungsi datang tanpa membawa perbekalan uang. Dan sebagian dari pengungsi asal garut mencoba peruntungan dengan membuka usaha jasa pangkas rambut.

Alasannya sederhana, pekerjaan ini mereka pilih karena modal yang diperlukan sedikit bermodalkan gunting dan pisau cukur dan tinggal mencari pohon besar yang rindang yang bisa dijadikan tempat mereka menjalankan usahanya.

Tidak melupakan akarnya ( Asal Usul )

Ternyata langkah membuka usaha ini membawa sukses bagi para pemuda asal garut yang menyelamatkan diri. Kemudian pesan berantai pun terjadi dari mulut ke mulut sesama warga asal garut khususnya daerah Banyuresmi dan Wanaraja.Seiring berjalannya waktu banyak yang mengikuti langkah ini. Budaya mencukur rambut dan menurunkan profesi ini terus berjalan dari generasi ke generasi.

Bentuk usaha pangkas rambut ini pun berevolusi dari awalnya membuka tempat usaha di bawah pohon yang rindang kemdian membuka kios-kios bahkan beberapa sudah ada yang mengusung tempat yang lebih modern yaitu Barbershop.

Keunikannya ketika salah satu dari mereka sudah mendapat kesuksesan di perantauan pada umumnya mereka tidak melupakan ‘asal usulnya’ ( Kacang tidak lupa kulitnya ) seperti mengajak orang di tempatnya usaha merekrut sesama warga Garut.

Awal Mula Sejarah Dominasi Jasa Pangkas Rambut Asal Garut Sebuah usaha yang awalnya merupakan aksi menyelamatkan dari himpitan sosial berlatar pemberontakan. Telah berubah menjadi penggerak ekonomi daerah asalnya.

Berita diambil dari Berbagai Sumber & Sumber Foto dari Merdeka.com & Banggasejarah.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!