Selasa , April 24 2018
Asal Usul Tiban Nama Masjid Di Malang Yang Dibuat Oleh Jin

Asal Usul Turen Tiban Nama Masjid Di Malang Yang Dibuat Oleh Jin

Asal Usul Turen Tiban Nama Masjid Di Malang Yang Dibuat Oleh Jin – Tidak sedikit Pemberitaan yang mengulas mesjid yang berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih ramai di beritakan bahwa masjid ini muncul secara tiba-tiba oleh sebagian masyarakat disekitarnya.

Asal usul masjid tiban malang

Awal mula dinamakan Masjid tiban karena menurut kabar masjid yang sangat megah ini dibangun tanpa sepengetahuan masyarakat sekitar, dan menurut mitos dibangun oleh bangsa jin dalam waktu hanya 1 malam.

Namun, ketika penberitaan tentang Masjid Di Malang Yang Dibuat Oleh Jin  ini dikonfirmasi kepada pihak pengelola dikatakan bahwa pembangunan masjid ini yang sebenarnya merupakan kompleks pondok pesantren secara keseluruha semua bersifat keterbukaan karena dikerjakan oleh para santri dan jamaah.

Bantahan dari pihak pengelola itu jelas sekali terpampang di depan meja penerima tamu dengan tulisan yang sangat jelas terbaca” Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban ( pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin dan lain sebagainya itu tidak benar.

Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah.  Jadi misteri masjid turen sudah terjawab dan bukan masjid yang tiba2 ada sendiri ( Di bangun dan dikerjakan oleh tenaga manusia  )

Menurut informasi Pondok Pesantren ini mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab dipanggil Romo Kiai Ahmad.

Tidak hanya bentuknya yang unik, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinikmati wisatawan anak kecil. Di area komplek pondok pesantrean juga terdapat beberapa jenis binatang peliharaan seperti : kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam dan burung.

penampakan masjid turen malam hari yang indah, Mungkin arsitektur dari pembangunan ponpes ini adalah orang yang sudah ahli di bidangnya itu bisa di lihat dengan bangunannya yang begitu megah.

Namun tahukah anda bahwa orang yang mendesign Masjid tiban ini bukanlah seseorang yang belajar dari ilmu arsitektur perguruan tinggi, melainkan hasil istikharah ( Shalat meminta petunjuk kepada allah ) dari pemilik pondok, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh. bentuknya menjadi sangat unik, perpaduan antara bangunan khas timur tengah, china dan modern

Rute masjid turen malang

Rute yang cukup mudah  bisa mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Turen jika sudah sampai , ketika akan melewati jalan menikung ke arah kanan, di penunjuk jalan akan ada tulisan menuju arah ke ponpes Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah lurus saja terus, nanti anda juga ketemu sama tempat yang ramai, tepat nya di kanan jalan ( artinya anda sudah sampai )

Untuk memasuki area Masjid Turen Malang di kawasan Pondok Pesantren ini pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk cukup dengan meminta ijin kepada petugas setempat tapi Saat hendak keluar meninggalkan kawasan ini pengunjung akan diminta memberikan sedikit pendapat tentang pondok pesantren ini.

Alamat masjid Tiban Malang

Lokasi terleteak Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!