Minggu , Juli 22 2018
Ada 2 Orang Yang Bergelar Pangeran Sabrang Lor

Ada 2 Orang Yang Bergelar Pangeran Sabrang Lor

Ada 2 Orang Yang Bergelar Pangeran Sabrang Lor – Kedua orang hebat ini menarik untuk diketahui sejarahnya mengapa adipati unus maupun putra dari sultan hasanudin di juluki pangeran sabrang lor, beda masa dan beda generasi walaupun  nama julukannya  sama.

Adipati unus menyebrang ke malaka/malaysia untuk mengusir portugis, sehingga beliau dijuluki pangeran sabrang lor. sedangkan pangeran sabrang lor dari putra sultan hasanudin ( Bogor ) menyebrang ke tanah borneo Pulau kalimantan untuk menyebarkan agama islam.

1. Pangeran Sabrang Lor Adipati unus yang dipercaya untuk memimpin pasukan Kesultanan Demak dalam invasi ke Malaka beliau terkenal dengan keberaniannya menantang Bangsa portugis. dan pernah  melakukan sebuah penyerangan atas bangsa Portugis, padahal ketika itu umurnya masih 17 tahun.

Dilihat dari sejarahnya setelah bergabung dengan Kesultanan Demak, ayahanda Pati Unus beserta pengikutnya menjadi bagian dari Kesultanan Demak. Bahkan Pati Unus kemudian dinikahkan dengan putri dari Kesultanan Demak yang merupakan anak dari Raden Patah sendiri.

Adipati Unus otomatis  menjadi menantu ( Raden Fattah Raja demak ) Nama aslinya adalah Raden Abdul Qadir putra Raden Muhammad Yunus dari Jepara. Raden Muhammad Yunus adalah putra seorang ulama pendatang dari Parsi yang dikenal dengan nama Syekh Khaliqul Idrus.

Ada yang mengatakan bahwa ia wafat ketika pertempuran berlangsung, namun terdapat sumber lain dari Raffles, Adipati Unus berhasil selamat dan pulang ke pulau Jawa, namun tak lama ia menderita penyakit paru-paru dan akhirnya di beritakan meninggal.

2. Gelar Pangeran Sabrang Lor, Pangeran putra dari Sultan Hasanuddin. berikut  adalah nasab lengkap beliau yang mendapat gelar Pangeran Sabrang Lor  :

  1. Pangeran bin Sultan Hasanuddin
  2. Bin Sunan Gunung Jati
  3. Bin Abdullah Umdatuddin
  4. Bin Ali Nurul Alam
  5. Bin Jamaluddin Al-Husain
  6. Bin Ahmad Jalaluddin
  7. Bin Abdillah
  8. Bin Abdul Malik Azmatkhan
  9. Bin Alwi Ammil Faqih
  10. Bin Muhammad Shahib Mirbath
  11. Bin Ali Khali’ Qasam
  12. Bin Alwi
  13. Bin Muhammad
  14. Bin Alwi
  15. Bin Ubaidillah
  16. Bin Ahmad Al-Muhajir
  17. Bin Isa
  18. Bin Muhammad
  19. Bin Ali Al-Uraidhi
  20. Bin Ja’far Shadiq
  21. Bin Muhammad Al-Baqir
  22. Bin Ali Zainal Abidin
  23. Bin Al-Husain
  24. Bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Nabi Muhammad Rasulullah

Itulah sedikit bahasan tentang 2 orang yang bergelar Pangeran Sabrang Lor, semoga informasi sejarah sederhana yang saya tulis ini bermanfaat. Jika pembaca mempunyai referensi lain silahkan memberikan masukan di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!