Rabu , Agustus 22 2018

4 Tempat Wisata Ziarah Di Garut Paling Terkenal

4 Tempat Wisata Ziarah Di Garut Paling Terkenal – Sebelum memberikan informasi lokasi tempat ziarah yang ada di kabupaten garut  saya akan sedikit mengulas tentang tujuan utama ziarah kubur yang saya ambil dari beberapa sumber.

Tujuannya ialah mengingat mati dan mengingat akhirat sebagaimana di riwayatkan Oleh baginda Rasulullah Saw Aku pernah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka ziarahilah “sekarang “ Karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan kalian akan kematian. (Hadist Riwayat Muslim dari Abu Buraidah )

Dari Anas bin Malik “Sesungguhnya ziarah itu akan melunakkan hati, mengundang air mata dan mengingatkan pada hari kiamat. (Hadist Riwayat  Al Hakim)

Oleh karena itu, tujuan melakukan Ziarah kubur harus senantiasa dipancangkan di dalam hati orang yang berziarah. Dalam riwayat lain baginda Rasulullah Saw Bersabda” Bhawa manusia paling cerdas adalah yang selalu mengingat kematian”.

Di kabupaten garut jawa barat asal kota saya di lahirkan terdapat 4 tempat wisata ziarah yang sudah terkenal oleh para peziarah dalam dan luar kota bahkan luar pulau jawa. Bukan untuk meminta kekayaan atau perbuatan syirik yang menyimpang dari ajaran agama islam.

Tujuan para peziarah ini merupakan salah satu bentuk penghormatan atau penghargaan kepada hamba-hamab yang berjasa dalam penyebaran agama islam khusus nya daerah kota Garut.

4 Wisata ziarah dan mempunyai sejarah yang panjang ini sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan yang berasal dari garut maupun yang berasal dari berbagai daerah lainnya. Berikut  daftar dan alamat 4 tempat wisata ziarah di garut paling terkenal yang bisa anda kunjungi.

1. Makam Raden Widjajakusumah I atau yang lebih dikenal Sunan Cipancar  -Beliau dilahirkans pada tahun 1510 M. Sunan pancer merupakan tokoh yang menurunkan keluarga bupati-bupati Limbangan.

Salah satu tokoh ulama yang mempunyai peran penting pada masa awal penyebaran islam di pedalaman tanah pasundan, khususnya kabupaten Garut. Alamat lengkap makam Sunan Cipancar di Kp. Pasir Astana, Desa Pasirwaru, Kec. Balubur Limbangan.

2. Makam Raden Kian Santang Di Suci Godog – Letaknya lokasinya tidak jauh dari pusat kota Garut, anda dapat berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil. dari jalan raya utama untuk sampai lokasi ini jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 30 menit.

Di makam Godog ini terdapat 9 makam diantaranya terdapat makam Sunan Kian Santang yang berada di atas Gunung dan makam lainya adalah penggiring atau punggawanya  raden Kian Santang yang berada di bawah gunung.

Untuk para wisatawan luar kota di tempat ziarah ini juga terdapat beberapa penginapan untuk bermalam atau sekedar beristirahat.

Dan dilokasi ini terdapat juga benda-benda pusaka yang masih tetap terawat dengan baik oleh petugas makam setempat.  Alamat Lengkap di kampung Godog, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan Garut.

3. Tempat Ziarah Situs Kabuyutan Ciburuy – Menurut Sejarah Lokasi ziarah yang terkenal ini adalah peninggalan zaman prabu siliwangi yang kemudian di lanjutkan Putranya yakni Raden Prabu Kian Santang. Lokasi ini merupakan salah satu tempat yang dijadikan oleh Prabu Kian Santang sebagai tempat bertarungnya para jagoan sepulau jawa.

Dilokasi ini Para peziarah yang datang akan mendapati benda-benda pusaka yang mempunyai nilai sejarah yang cukup ternama Seperti:

  1. Keris
  2. Bande (lonceng yang terbuat dari bahan perunggu)
  3. Kujang (senjata Prabu Siliwangi )
  4. Trisula
  5. Tombak
  6. Serta tulisan-tulisan kuno yang terbuat dari daun lontar dan nipah yang menurut keterangan ditulis langsung oleh Raden Prabu Kian Santang sendiri

Jika anda mempuyai rencana berziarah ke situs kabuyutan Ciburuy. Alamat lengkapnya di  Desa Pamalayan Kecamatan Bayongbong.

4 . Makam Eyang Papak Raden Wangsa Muhamad – Ulama Penyebar agama islam di kawasan garut yang hidup dipertengahan abad ke-19 Masehi dikenal dengan julukan Sunan Papak yang artinya berbudi pekerti luhur dan tidak pernah membeda-bedakan harkat manusia.

Semasa hidupnya Eyang Papak merupakan kyai yang cukup terkenal tidak heran banyak para peziarah dari berbagai daerah yang sengaja datang untuk mengingat sebagai tanda penghormatan akan jasa-jasanya . Alamat Makam Eyang Papak berada di Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Garut.

Itulah 4 Tempat Wisata Ziarah Di garut Paling terkenal yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua yang masih hidup sebagai catatan BAHWA jika menanam dan menebar kebaikan dijalan Allah Swt sampai kapanpun akan selalu dikenang dan di hormati.

Semoga Bermanfaat…!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!